Pelatihan E-Commerce melalui Marketplace bagi Warga Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas

Hindayati Mustafidah, Muchammad Agung Miftahudin, Elindra Ambar Pambudi

Abstract


ABSTRAK

Desa Semedo merupakan salah satu sentra penghasil gula semut yang berada di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Mata pencaharian utama warga adalah memproduksi dan menjual gula semut. Salah satu kelompok usaha yang ada saat ini adalah kelompok usaha “Palma Semedo”. Kelompok ini mempunyai usaha pengrajin gula semut dengan dua varian rasa yaitu original dan rempah. Permasalahan yang dialami warga adalah penjualan atau pemasarannya masih bersifat lokal. Sampai saat ini penjualannya dilakukan dengan menitipkan ke warung atau toko. Diperlukan suatu alat teknologi untuk meningkatkan omset penjualan, yaitu sebagai media promosi produk. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi perangkat lunak komputer berbasis e-commerce yang memanfaatkan pasar. Solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan mitra dan menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah partisipasi aktif dari warga sebagai mitra, yaitu dengan melakukan pelatihan pembuatan akun dan pengelolaannya di beberapa marketplace, pengelolaan produk, dan pengelolaan konsumen/pembeli. Prosedur kerja dalam mewujudkan kegiatan ini meliputi sosialisasi program, pelatihan, praktek langsung, dan pendampingan. Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengukur keberhasilan para perajin gula lokal dalam melaksanakan hasil pelatihan. Pelatihan diikuti oleh 10 peserta yang melibatkan tiga orang mahasiswa untuk membantu pembuatan akun marketplace Shopee dan Tokopedia. Hasil dari pelatihan dan evaluasi kegiatan adalah UKM “Palma Semedo” sebagai mitra mempunyai akun di Shopee dan Tokopedia sebagai penjual untuk memasarkan hasil produksinya berupa gula semut asli dan gula rempah. Mitra merasa sangat puas dengan pelatihan ini karena mendapatkan ilmu dan keterampilan dalam berjualan melalui marketplace. Mitra berharap tingkat penjualan gula semut dapat meningkat dengan pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

ABSTRACT

Semedo Village is an ant sugar-producing center in Pekuncen District, Banyumas Regency. The residents have their primary income from producing and selling ant sugar. One of the current business groups is the "Palma Semedo" business group. This group has a business as an ant sugar craftsman with two flavor variants: original and spiced. The problem experienced by residents is that sales or marketing is still local. Until now, sales have been made by entrusting them to stalls or shops. A technological tool is needed to increase sales turnover, which is a medium for promoting products. The technology in question is e-commerce-based computer software technology that utilizes the marketplace. This is the solution offered to partners' problems and is the aim of carrying out this community service activity. The approach used in this activity is active participation from residents as partners, namely by conducting training in creating accounts and managing them in several marketplaces, managing products, and managing consumers/buyers. Work procedures in realizing this activity include program socialization, training, direct practice, and mentoring. Evaluation of the implementation of activities is carried out by measuring the success of the local sugar artisans in implementing the training results. The training was attended by 10 participants involving three students to assist in creating Shopee and Tokopedia marketplace accounts. The results of the training and the activity evaluation are that UKM "Palma Semedo" as a partner has an account on Shopee and Tokopedia as a seller to market its production in the form of original ant sugar and spiced sugar. Partners feel very satisfied with this training because they gain knowledge and skills in selling through the marketplace. Mitra hopes that the sales level of ant sugar can increase with a broader market to increase income.



Keywords


training; e-commerce; marketplace; ant sugar; Palma Semedo

References


Ashlihah, A. and Ramadhani, M.S. (2021) ‘Pelatihan E-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang’, Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 39–43.

Bala, M. and Verma, D. (2018) ‘A critical review of digital marketing’, M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), pp. 321–339.

Bashir, A. et al. (2020) ‘Pelatihan E-commerce pada Industri Rumah Tangga di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir’, Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), pp. 17–24.

Desai, V. (2019) ‘Digital marketing: A review’, International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), pp. 196–200.

Dirjen Dikti Kemdikbud (2021) Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. 2nd edn. Jakarta, Indonesia: Dirjen Dikti.

Evasari, A.D., Utomo, Y.B. and Ambarwati, D. (2019) ‘Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri’, Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 75–84.

Hariono, T. et al. (2021) ‘PKM Pembuatan E-Commerce Desa Banjarsari’, Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 51–55.

Kamus Komputer (2020) hyperconnectivity, https://www.kamuskomputer.com/definisi/hyperconnectivity/. (Accessed: 5 November 2021).

Kingsnorth, S. (2022) Digital Marketing Strategy: An integrated approach to online marketing. United States: Kogan Page Limited.

Lestari, P., Saputro, I.H. and Uddin, H.R. (2021) ‘Pelatihan E-Commerce di Masa Pandemi Satu Alternatif Solusi Ekonomi’, Jurnal Implementasi, 1(1), pp. 22–28.

Megawaty, K. (2016) Ekonomi Digital Bukan Sekadar Langkah Strategis, https://inet.detik.com/business/d-3161292/ekonomi-digital-bukan-sekadar-langkah-strategis. (Accessed: 20 July 2020).

PT. Cloud Hosting Indonesia (2020) Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce, https://idcloudhost.com/pengertian-e-commerce-dan-contohnya-komponen-jenis-dan-manfaat-e-commerce/. (Accessed: 20 July 2020).

PT Tokopedia (2023) Langkah Mudah Buka Toko di Tokopedia, https://seller.tokopedia.com/edu/cara-buka-toko/. (Accessed: 1 March 2023).

Shopee (2023) MULAI BERJUALAN SEBAGAI PENJUAL SHOPEE, https://seller.shopee.co.id/edu/collections/started. (Accessed: 1 March 2023).

Suwarni, E. et al. (2022) ‘Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), pp. 187–192.

Tribun Jateng (2022) Dorong Kualitas dan Nilai Ekonomi Gula Semut, Tim PKM UMP Berikan Bantuan Mesin Oven dan Mesin Penep Dorong Kualitas dan Nilai Ekonomi Gula Semut, Tim PKM UMP Berikan Bantuan Mesin Oven dan Mesin Penepung, https://ump.ac.id/Berita-2775-Dorong.Kualitas.dan.Nilai.Ekonomi.Gula.Semut..Tim.PKM.UMP.Berikan.Bantuan.Mesin.Oven.dan.Mesin.Penepung.html. (Accessed: 16 November 2022).

UMP (2022) Dorong Kualitas dan Nilai Ekonomi Gula Semut, Tim PKM UMP Berikan Bantuan Mesin Oven dan Mesin Penepung, https://ump.ac.id/Berita-2775-Dorong.Kualitas.dan.Nilai.Ekonomi.Gula.Semut..Tim.PKM.UMP.Berikan.Bantuan.Mesin.Oven.dan.Mesin.Penepung.html. (Accessed: 16 November 2022).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v4i1.19366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294