Pelatihan Pengenalan Basic Programming Menggunakan Scratch bagi Tenaga Pengajar Sekolah Dasar Muhammadiyah Danaraja
Abstract
ABSTRAK
Pada tahun 2020 SD Muhammadiyah telah memiliki media sosial seperti youtube, instagram dan website profil guna mempermudah masyarakat pada saat mencari informasi tentang SD Muhammadiyah Danaraja. Saat ini para guru SD Muhammadiyah Danaraja sedang berusaha belajar mengembangkan media ajar animasi yang di-upload melalui platform online seperti video pada youtube, namun para guru tersebut masih memiliki kesulitan dalam proses pembuatan animasinya. Selain kesulitan dalam pembuatan animasi media ajar, para guru juga memiliki kesulitan saat mendampingi siswa mempersiapkan perlombaan atau olimpiade sains nasional terutama di bidang informatika. Pelatihan yang berkaitan dengan basic programming menggunakan code block pada platform https://scratch.mit.edu/ telah terlaksana pada tanggal 4 Februari 2023. Kegiatan tersebut membantu pemahaman dasar tentang basic programming. Pelatihan basic programming menggunakan Scracth ini juga menjadi dasar untuk membuat media ajar animasi dengan cara yang mudah. Para guru juga diharapkan bisa mengajarkan konsep basic programming dan pembuatan animasi kepada siswa siswinya. Selain menjadi bekal persiapan olimpiade sains nasional, siswa siswi juga bisa lebih mengenal tentang perkembangan teknologi seperti sekedar pembuatan animasi atau pembuatan game sederhana. Hal ini selaras dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan daya saing bangsa.
ABSTRACT
SD Muhammadiyah already has social media such as YouTube, Instagram and a profile website to make it easier for people to find information about SD Muhammadiyah Danaraja. Currently, the teachers of SD Muhammadiyah Danaraja are trying to learn to develop animated teaching media that are uploaded through online platforms such as videos on YouTube, but the teachers still have difficulties in the animation making process. In addition to difficulties in making teaching media animations, teachers also have difficulties when accompanying students preparing for competitions or national science olympiads, especially in the field of informatics. Training related to basic programming using code blocks on the https://scratch.mit.edu/ platform was carried out on 4 February 2023. This activity helps basic understanding of basic programming. Basic programming training using Scracth is also the basis for making animated teaching media in an easy way. The teachers are also expected to be able to teach basic programming concepts and animation creation to their students. In addition to being a preparation for the National Science Olympiad, students can also get to know more about technological developments such as just making animations or making simple games. This is in line with the government's efforts to improve the nation's competitiveness.
Keywords
References
Erba Lutfina, & Anindya Khrisna Wardhani. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107–111.
Hansun, S. (2014). Rancang Bangun Permainan Interaktif dengan Scratch. Jurnal ULTIMATICS, 6(1), 40–45. https://doi.org/10.31937/ti.v6i1.332
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Belajar Siswa “Z Generation” Untuk Guru-Guru Sdn 1 Labuapi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 871. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554
Molina-Ayuso, Á., Adamuz-Povedano, N., Bracho-López, R., & Torralbo-Rodríguez, M. (2022). Introduction to Computational Thinking with Scratch for Teacher Training for Spanish Primary School Teachers in Mathematics. Education Sciences, 12(12). https://doi.org/10.3390/educsci12120899
Sutikno, S., Susilo, S., & Hardiyanto, W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa, 16(2), 173–178. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17508
DOI: 10.30595/jpts.v4i1.21161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-0294