Pelatihan Augmented Reality bagi Guru-guru SLB Aisiyah Al Walidah Menggunakan Assemblr World

Authors

  • Elindra Ambar Pambudi [SCOPUS ID: 57971116300] Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ermadi Satriya Wijaya <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/departments/profile/28/061019/55201">S1 - Teknik Informatika</a> <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/affiliations/profile/28">Universitas Muhammadiyah Purwokerto</a>

DOI:

https://doi.org/10.30595/jpts.v5i1.24397

Keywords:

augmented reality, assemblr world, media pembelajaran

Abstract

Pelatihan berbasis Augmented Reality (AR) kepada guru adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi AR untuk proses pembelajaran. Media Pembelajaran sangat tepat diberikan untuk lembaga-lembaga pendidikan terutama sekolah. Dengan alasan tersebut dipilihlah SLB Aisyiyah Al-Walidah kabupaten Banyumas sebagai objek untuk menerapkan teknologi AR, terdapat alasan pendukung mengapa pelatihan ini perlu diadakan adalah kurangnya penguasaan teknologi augmented reality pada para guru. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu, ceramah dan demo, diskusi tanya jawab, praktek bersama dan evaluasi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan 3 orang instruktur yaitu 2 instruktur sebagai pengajar yaitu dosen dan 1 instruktur pendamping. Materi pelatihan yang disajikan 4 bahasan yaitu, dasar dari augmented reality, instalasi Assemblr World, Pengaturan dan pemilihan objek 3D pada kanvas, generate hasil. Evaluasi dalam pelatihan ini menggunakan perhitungan skala likert dan menghasilkan banyak respon positif dari guru dan juga hasil yang memuaskan pada tahap penilaian kemampuan setiap guru.

Augmented Reality (AR)-based training to teachers is a program that aims to increase teacher competence in utilizing AR technology for the learning process. Learning Media is very appropriate for educational institutions, especially schools. For this reason, SLB Aisyiyah Al-Walidah Banyumas district was chosen as the object for implementing AR technology. There is a supporting reason why this training needs to be held, namely the lack of mastery of augmented reality technology among teachers. The methods used in this training are lectures and demos, question and answer discussions, joint practice and evaluation. This training was carried out with 3 instructors, namely 2 instructors as teachers, namely the lecturer and 1 accompanying instructor. The training material presented includes 4 topics, namely, the basics of augmented reality, installing Assemblr World, setting and selecting 3D objects on the canvas, generating results. Evaluation in this training uses Likert scale calculations and produces many positive responses from teachers and also satisfactory results at the stage of assessing each teacher's abilities.

Author Biographies

Elindra Ambar Pambudi, [SCOPUS ID: 57971116300] Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Scopus ID: 57971116300
Google Scholar ID: Lz5M-zUAAAAJ
Sinta ID: 6647642

Ermadi Satriya Wijaya, <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/departments/profile/28/061019/55201">S1 - Teknik Informatika</a> <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/affiliations/profile/28">Universitas Muhammadiyah Purwokerto</a>

References

Aditama, D. (2018). Aplikasi Pembelajaran Alphanumerik dan Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia PraSekolah Dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT INDEKS, 3(1).

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2).

Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Rif, A., & Nur El Ein, at. (2021). PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL TATA SURYA DI MASA PANDEMI. Jurnal Barik, 3(1), 195–206. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Syah, A. Z., Ramdhan, W., Hasanah, U., Yesputra, R., Informasi, S., & Komputer, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Lembaga Kursus Pendidikan (Lkp) Mandiri Computer. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 139–144.

Wahyudi, A. (2014). ARca: Perancangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Pengenalan dan Pembelajaran Candi Prambanan dengan Smartphone Berbasis Android. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi JNTETI, 3. https://doi.org/10.22146/jnteti.v3i2.60

Downloads

Published

2025-01-02