Kinerja Operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor Purwokerto-Purbalingga

Authors

  • Usamah Abdul Wahhab Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Juanita Juanita Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrst.v6i2.15251

Keywords:

Kinerja, Operasional, Kepuasan, BRT Trans Jateng

Abstract

Penyelenggaraan BRT Trans Jateng koridor Purbalingga– Purwokerto sebagai konektifitas antar wilayah kedua kabupaten/kota. Tujuan penelitian yaitu untuk meninjau kinerja operasional didasarkan pada kinerja operasional dan persepsi pengguna. Metode yang digunakan dalam persepsi pengguna yaitu metode importance-performance analysis (IPA). Sedangkan kinerja operasional didasarkan pada kesesuaian dengan standar kinerja yang ditentukan Kementrian Perhubungan. Hasil diperoleh kinerja BRT Trans Jateng Koridor Purwokerto – Purbalingga yang memenuhi standar antara lain waktu tunggu penumpang, waktu tempuh, dan headway. Tetapi indikator yang tidak memenuhi standar adalah kecepatan dan load factor. Indikator kinerja yang dianggap penting dan perlu dijadikan prioritas peningkatan berdasarkan kepuasan dan harapan penumpang terletak pada kuadran I yaitu fasilitas keselamatan dalam keadaan darurat di dalam bus, fasilitas untuk penyandang disabilitas, lanjut usia, dan wanita hamil di dalam bus, kemudahan memperoleh informasi berkaitan dengan rute dan waktu datang bus Trans Jateng.

Author Biography

Juanita Juanita, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

References

Bahar, T. (2008). Kualitas pelayanan dan loyalitas penggunaan ojek sepedamotor sebagai angkutan umum penumpang perkotaan. Majalah Ilmiah Mektek, 2004.

Ingvardson, J. B., & Nielsen, O. A. (2018). Effects of new bus and rail rapid transit systems–an international review. Transport Reviews, 38(1), 96–116. https://doi.org/10.1080/01441647.2017.1301594

Juanita, J., Iskahar, I., Jazuli, A., & Anjarwati, S. (2022). Persepsi Pelaksanaan MBKM Prodi Teknik Sipil Tinjauan Mahasiswa, Dosen dan Mitra. Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 23(1), 47–54. https://doi.org/10.30595/techno.v23i1.12592

Juanita, J., Setiawan, T. H., & Ma’ruf, A. (2021). The Operational Performance of Mass Transportation Before Covid-19 and New Normal Life: Case Study BRT TransJateng, Central Java. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 6(3), 361–366. https://doi.org/10.25046/aj060342

Juanita, & Prastio, B. (2021). Kajian Efektifitas Halte Bus BRT Transjateng Purwokerto. Simposium Nasional Teknologi Infrastruktur Abad Ke 21 UGM, 482–487.

Mulley, C., & Nelson, J. D. (2003). THE ATTRACTIVENSS AND EFFICIENCY OF PUBLIC TRANSPORT: Is It Affected by the Nature of Ownership? IATSS Research, 27(2), 16–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/S0386-1112(14)60140-0

Riawan, W. A. (2018). Analisis Pelayanan Bus Rapid Transit Kapasitas Sedang pada Sistem Transportasi Perkotaan [The Service Analysis of Medium Capacity Bus Rapid Transit on the Urban Transportation System]. Warta Penelitian Perhubungan, 30(2), 119–132. https://doi.org/10.25104/warlit.v30i2.688

Romadlon, F., Lestari, R. D., Lestiana, F., & Putri, N. A. (2020). Kajian Pra-Implementasi Aplikasi Layanan pada Bus Rapid Transit Purwokerto-Purbalingga: Perspektif Penumpang Wanita. Warta Penelitian Perhubungan, 32(2), 68–76. https://doi.org/10.25104/warlit.v32i2.1318

Salasa, W., Wakhidho, H., Setiadji, B. H., & Yulipriyono, E. E. (2016). Evaluasi Sistem Pelayanan Transit Antar Koridor Bus Rapid Transit Trans Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4(4), 505–511.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Wahhab, U. A., & Juanita, J. (2022). Kinerja Operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor Purwokerto-Purbalingga. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(2), 205–210. https://doi.org/10.30595/jrst.v6i2.15251