Pengaruh Ekstrak Daun Jeruju (Acanthus ilicifolius L.) dalam Menghambat Trichodina spp. pada Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus L.)

Andika Bayu Chandra, Oktira Roka Aji

Abstract


Ikan Nila (Oreochromis niloticus L.) adalah ikan yang digemari oleh masyarakat luas. Namun, dalam pembudidayaannya tidak terlepas dari berbagai masalah penyakit, khususnya yang disebabkan oleh ektoparasit. Trichodina spp. merupakan salah satu jenis ektoparasit yang seringkali menyerang benih ikan Nila. Pengendalian Trichodina spp. dapat dilakukan dengan penggunaan bahan alam yang ramah lingkungan. Salah satu bahan alam yang berpotensi digunakan untuk mengurangi intensitas serangan Trichodina spp. adalah daun Jeruju (Acanthus ilicifolius L.). Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan daun Jeruju sebagai agen untuk menghambat ektoparasit Trichodina spp. pada ikan Nila. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan dosis yang berbeda yaitu 0 g/L; 0,25 g/L; 0,5 g/L; 1 g/L dan 2 g/L. dan pengulangan 5 kali. Ikan Nila direndam pada dekokta daun Jeruju selama 24 jam lalu diamati prevalensi dan intensitas serangan Trichodina spp. serta kelangsungan hidup benih ikan nila. Hasil penelitian menunjukan perlakuan terbaik yaitu perendaman dengan dosis 2 g/L yang memiliki prevalensi serangan Trichodina spp. sebesar 53,33%, dengan intensitas Trichodina spp. sebesar 1,34 pada kulit dan 0,734 pada insang serta kelangsungan hidup benih ikan nila yaitu 100%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian dekokta daun Jeruju dengan berbagai dosis berpengaruh nyata terhadap prevalensi dan intensitas Trichodina spp. serta kelangsungan hidup benih ikan nila.


Keywords


Benih Ikan Nila; Trichodina spp.; Acanthus ilicifolius L.

References


Afifah, Bidayatullah., Nurlita Abdulghani., dan Gunanti, M. 2014. Efektivitas Perendaman Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L) Dalam Perasan Larutan Daun Api-Api (Avicennia marina) Terhadap Penurunan Jumlah Trichodina sp. Jurnal Perikanan. Surabaya : Institut Teknik Sepuluh November (ITS): Fakultas MIPA.

Baticados, M.C.L., dan Paclibare, J.O. 1992. The use of chemotherapeutic agents in aquaculture in the Philippines. Diseases in Asian Aquaculture. Proceedings of the First Symposium on Diseases in Asian Aquaculture, Bali, Indonesia. November 1990, 26-29.

Chitmanat C, Tongdonmuan K and Wichan N.2004. The use of extracts from traditional medicinal plants to eliminate Trichodina spp. in tilapia (Oreochromas niloticus) fingerlings. Songklanakarin J. Sci. Technol. Vol.27(1):359-364.

Djunaedi, A., Pribadi, R., Hartati, R., Redjeki, S., Astuti, R., dan Septiarani, B. 2016. Pertumbuhan ikan Nila Larasati (Oreochromis niloticus) di Tambak dengan Pemberian Ransum Pakan dan Padat Penebaran yang Berbeda. Jurnal Kelautan Tropis, 19(2), 131. doi: 10.14710/jkt.v19i2.840

Ginting Br et al,.2014. Efektivitas Ekstrak Beberapa Tanaman Herbal terhadap Infeksi Ektoparasit pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Universitas Sumatra Utara : Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian. Jurnal Aquacoastmarine. 3(2):10-23.

Hadiroseyani, Y., P. Hariyadi dan S. Nuryati. 2006. Investasi Parasit Lele Dumbo Clarias sp. di Daerah Bogor. Jurnal Perikanan. 5(2): 167-177.

Handayani, E.,Desrina, D. Rukmono, Azizah. 2004. Keragaman Ektoparasit Pada Ikan Hias Air Laut Yang Dilalulintaskan Melalui Stasiun Karantina Ikan Ngurah Rai Bali. Makalah Prosiding Seminar Penyakit Than Chin Udang IV.

Haris, Abdul dan Andi Asran. 2015. Efektivitas Pemanfaatan Larutan Paci-Paci (Leucas lavandulaefolia) Terhadap Perkembangan Populasi Parasit (Trichodina sp.) Pada Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.). Jurnal Ilmu Perikanan. 4(2): 405-409.

Johanes, E., dan Sri Suhadiyah. 2016. Analisis Kimia dan Kandungan Antioksidan dari Ekstrak Daun Jeruju Acanthus ilicifolius. Bio Wallacea Jurnal ilmiah Ilmu Biologi. 2 (2): 116-120.

Johari, Hari. 2014. Penentuan Aktivitas Estrogenik Fraksi Air dan Fraksi Etil Asetat Bunga Jeruju (Acanthus ilicifolius L.) Menggunakan Metode Yes Assay. [Skripsi]. Fakultas Farmasi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Mahasri, G. 2009. Patologi Ikan. Surabaya: Diktat Kuliah. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Rokhmani. 2009. Keragaman dan Tingkat Serangan Ektoparasit pada Gurame (O. gourany Lac.) Tahap Pendederan 1 dengan Ketinggian Lokasi Pemeliharaan yang Berbeda. Jurnal Biotika (7) : 87-93.

Saleh, J., Budi, S., dan Salam, S. 2021. Pengembangan Budidaya Ikan Nila. Penerbit: Pusaka Almaida.

Scholz, T. 1999. Parasites in Cultured and Feral Fish. Veterinary Parasitology. 84 : 317-335

Sommervile. C. 1998. Parasites of Farmed Fish. Dalam Biology of Farmed Fish ed. K.D. Black dan A.D. Pickering. Sheffield Academic Press.

Suparman, MA. 2005. Penggunaan Ekstrak Daun Paci-paci Leucas sp. untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Mikotik pada Ikan Gurame Osphronemus gouramy Lac. [Skripsi]. Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Voigt. 1984. Buku Ajar Teknologi Farmasi. Diterjemahkan oleh Soendani Noeroto S.,UGM Press, Yogyakarta.

Williams, E. H., Jr. and L. Bunkley-William. 1996. Parasites of offshore big game fishes of Puerto Rico and the western Atlantic. Puerto Rico Departement of Natural and Environmental Resources, San Juan, PR, and the University of Puerto Rico, Mayaguez, PR 328 pp.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrst.v7i2.16749

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2549-9750