Aplikasi Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Metode Tilawati Berbasis Web Responsive

Aminudin Aminudin, Zamah Sari, Setio Basuki

Abstract


Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mendidik santri agar dapat membaca Al-Quran sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu  metode yang dapat dipakai untuk belajar membaca Al-Qu’an dengan baik dan benar adalah Metode Tilawati. Metode Tilawati menawarkan suatu sistem pembelajaran Al-Qur'an yang yang mudah, efektif dan efesien demi mencapai kualitas bacaan, pemahamanan dan implementasi Al Qur'an. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kehadiran teknologi informasi juga mempengaruhi perkembangan pendidikan, salah satunya adalah pendidikan di dalam lingkungan TPQ. Salah satu kendala yang dihadapi oleh TPQ yang menggunakan metode tilawati ini adalah tidak adanya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh santri untuk mengulang pembelajaran yang telah dilakukan oleh santri secara mandiri. Untuk mengakomodasi dari permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi multimedia interaktif berbasis teknologi informasi yang dapat mencocokan antara huruf teks dengan hasil rekaman dari buku tilawati


Keywords


TPQ; Metode Tilawati; Aplikasi Multimedia

References


Luthfi, F., (2015). Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas 2 Madrasah Diniyah Ula Salafiyah Matholi’ul Huda Gading Malang, (Skripsi), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Umar, J. dkk., (2015). Peningkatan kemampuan membaca melalui metode tilawati dengan alat peraga kartu huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun,

Dainuri (2015). Problematika Pembelajaran Al-Quran dengan Metode Tilawati, in Annual Conference on Islamic Early Childhood Education.

Rizal, F., (2012). Modul Pembelajaran Al-Quran Berbasis Adobe Flash untuk Anak Usia Dini Dengan Metode Tilawati, Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

EEN, H., (2017). Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran al- qur’an di madrasah (Penelitian Deskriptif di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan)), Pendidikan Agama Islam.

Aminudin, A., (2015). Cara Efektif Belajar Framework LARAVEL, I. Yogyakarta: Lokomedia.

Aminudin, A., (2019). ANALISA PERFORMA APACHE HADOOP DENGAN H2O MENGGUNAKAN BENCHMARK HIBENCH VIA CLOUD COMPUTING, in Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa)


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrst.v3i1.3964

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9750