Gaya Hidup Remaja Shopaholic dalam Trend Belanja Online di Shopee

Authors

  • Else Brilianaza Universitas Negeri Surabaya
  • Arief Sudrajat Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30595/jssh.v6i1.12225

Keywords:

lifestyle, shopaholic, shopee

Abstract

This study aims to describe the lifestyle of shopaholic teenagers in online shopping trends at shopee. Developments in the field of technology have changed people's lifestyles to become more practical. Today's society is more likely to do online shopping activities because it is considered very efficient and effective. This study uses a literature study research method whose data is obtained from several previous studies and other sources such as articles, journals, books and documents related to the theme of this research. This study shows that shopee is the world's leading online shopping application that sells a variety of needs that can be easily accessed via smartphones. However, without realizing it, online shopping activities actually foster a shopaholic nature for some people, especially teenagers. Teenagers today shop not according to need, but for sheer pleasure. Because teenagers pay more attention to symbols related to consumption which are used as identities, social and cultural strata.

References

Lauer, Robert H. 1977. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: BINA AKSARA.

Agustina, D. (2018). Peleburan Realitas Nyata dan Maya: Hoax Menjadi Budaya Konsumtif Masyarakat Global. Jurnal Sosiologi Agama, 12(2).

Andari, D., Nurprapti, N., & Septa, R. Y. (2018). FENOMENA BELANJA ONLINE RURAL COMMUNITY PADA GENERASI MUDA DESA KADUBERA KABUPATEN PANDEGLANG [PhD Thesis]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(01), 126664.

Dewi, M. P. (2020). Pengaruh Online Shop Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa BK UKSW. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(2), 9–16.

Fitria, E. M. (2015). Dampak online shop di instagram dalam perubahan gaya hidup konsumtif perempuan shopaholic di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 117–128.

Ika, N., Fitriyah, Z., & Dewi, N. C. (2020). IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 3(1).

Kemkominfo. (2021). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker

Laksmi, L. (2017). Teori Interaksionisme Simbolik dalam Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 1(2), 121–138.

Miranda, S., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh instagram sebagai media online shopping fashion terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau [PhD Thesis]. Riau University.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Ningcahya, I. R. (2020). Pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim: Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Riyadi, H. (2019). Apa itu Shopee? Keunggulan Apa Saja yang Dimiliki oleh Shopee? https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/

Teknoia. (2020). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19

The Journal of Universitas Negeri Surabaya. (n.d.). Retrieved February 15, 2022, from https://ejournal.unesa.ac.id

Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi Masyarakat Konsumtif. Simulacra, 1(2), 203–212.

Widiaputri, R. (2018). Konstruksi Sosial Konsumen Mengenai Platform Belanja Online Shopee (Pola Konsumsi Pada Mahasiswi Milenial Surabaya) [PhD Thesis]. Universitas Airlangga.

Kominfo. 2020. Kemkominfo: Penggunaan Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Diunduh dari: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker tanggal 5 November 2021 pukul 08.00 WIB.

Ramadhan, Bagus. 2020. Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Diunduh dari: https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19 tanggal 5 November 2021 Pukul 08.43 WIB .

Riyadi, Hermawan. 2018. Apa itu shopee? keunggulan apa saja yang dimiliki oleh shopee?. Diunduh dari: https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/ tanggal 5 November 2021 pukul 10.03 WIB.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Brilianaza, E., & Sudrajat, A. (2022). Gaya Hidup Remaja Shopaholic dalam Trend Belanja Online di Shopee. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(1), 45–54. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i1.12225