Analisis Pelaksanaan Kerja Sama Sponsorship terhadap Peningkatan Brand Awareness Pihak Sponsor

Nasya Fatika Augusta, Amelia Ananda Setiawan, Firna Shizuka Nugroho, Zahra Kirana Prameswari, Syti Sarah Maesaroh

Abstract


Sponsorship merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan brand awareness suatu perusahaan. Sering kali perusahaan menggunakan strategi tersebut pada event olahraga. Sehingga, saat ini masih belum banyak penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh sponsorship pada organisasi mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sponsorship terhadap kesadaran merek pada program kerja DIGNITY. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan 89 responden sebagai sampel dengan teknik random sampling. Adapun analisis dilakukan melalui analisis regresi linear berganda dan deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa sponsorship memberikan pengaruh sebesar 44,7% terhadap peningkatan brand awareness pada program kerja DIGNITY dan sisanya 55,3% dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Kesadaran Merek; Sponsorship; Massage Capacity; Sponsor Event-fit

References


Abimanyu, G. R., & Nugrahani, R. U. (2023). Pengaruh Sponsorship Bri Liga-1 2021/2022 Terhadap Brand Awareness Aplikasi Brimo. eProceedings of Management, 9(6).

Aryoko, Y. P., Kharismasyah, A. Y., & Maulana, I. (2022). Kepuasan Kerja, Locus of Control dan Self-Efficacy: Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 6(2), 101-112.

Apriyono, A., & Taman, A. (2013). Analisis overreaction pada saham perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia (BEI) periode 2005-2009. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 76-96.

Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F. C. P., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412-426.

Chebli, L., & Gharbi, A. (2014). The impact of the effectiveness of sponsorship on image and memorizing: Role of congruence and relational proximity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 109, 913-924.

D’Astous, & Bitz, P. (1995). Consumer evaluations of sponsorship programmes. European Journal of Marketing, 29(12), 6-22.

Fajar, A. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) pada PT Tokopedia dalam Mempertahankan Pelanggan. Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 8(3).

Gultom, V. V. Y. J., Clarissa, A., & Chryztantya, M. (2019). The Effect of Jember Fashion Carnaval and Sponsorship On Company Image Pt. Martina Berto. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 262-271.

Haryanto, Y., & Mirzanti, I. R. Influence of Sponsorship Program in Increasing Brand Awareness (Study Of Paragon Sponsorship Program In Wisuda April Itb 2019).

Lutfie, H., & Marcelino, D. (2020). Purchase Intention of Omg-Event-Asia’S: How Social Media Promotions Effect Through Brand Awareness. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(1), 55-68.

Nugraha, N. M., & Riyadhi, M. R. (2019). The effect of cash flows, company size, and profit on stock prices in SOE companies listed on Bei for the 2013-2017 period. International Journal of Innovation Creativity and Change, 6(7), 130-141.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada era media sosial. Bandung: CV Pustaka Setia, 358.

Salma, A. N. (2017). Pengaruh Sponsorship Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global Official Airline Partner). INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 1-26.

Saputra, I. R. (2019). Pengaruh Sport Sponsorship terhadap Brand Awareness (Studi pada Program Sponsorship FWD Life dengan Klub Sepak Bola Persib Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Speed, R., & Thompson, P. (2000). Determinants of sports sponsorship response. Journal of the academy of marketing science, 28(2), 226-238.

Rowley, J., & Williams, C. (2008). The impact of brand sponsorship of music festivals. Marketing Intelligence & Planning, 26(7), 781-792.

Zainodin, H. J., & Yap, S. J. (2013). Overcoming multicollinearity in multiple regression using correlation coefficient. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1557, No. 1, pp. 416-419). American Institute of Physics.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jssh.v7i2.17526

Copyright (c) 2023 JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9505