Perancangan dan Pembuatan Sistem Pelaporan Kinerja Berbasis Online untuk Pranata Komputer

Imam Teguh Islamy, Hanim Maria Astuti, Radityo Prasetianto Wibowo

Abstract


D

Dalam menjalankan fungsi sebagai penilai kinerja pegawai di ITS, Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (DSDMO) ITS masih menggunakan bentuk penilaian Skala Likertz dalam menilai pencapaian terhadap rincian tugas yang dilmiliki oleh pranata komputer. Hal ini memunculkan permasalahan dalam penentuan penilaian kinerja pegawai dalam hal ini pranata komputer yang masih memiliki tingkat subjektif yang tinggi. Hal ini dapat mempengaruhi penilaian kinerja yang diberikan kepada pranata komputer. Untuk mengurangi tingkat subjektif terhadap penilaian kinerja pranata komputer, dibutuhkan sebuah pengukuran kinerja yang berbasis Key Performance Indicator sehingga kinerja dari pranata komputer dapat diukur secara objektif. Selain itu, dibutuhkan sebuah sistem terintegrasi dalam proses pelaporan kinerja pranata komputer agar kinerja dari pranata komputer dapat dipantau secara real-time dan dapat mengetahui tingkat pencapaian kinerja dari pranata komputer.

Kata-Kata Kunci: Pranata komputer, Kinerja, Key Performance Indicator, Sistem Pelaporan Kinerja, Dash­board.


Keywords


Pranata komputer, Rincian Tugas, Kinerja, Key Performance Indicator, Pengukuran Kinerja, Sistem Pelaporan Kinerja, Dashboard.

References


[1] Institut Teknologi Sepuluh Nopember, “Visi dan Misi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember.” [Online]. Available: https://www.its.ac.id/id/tentang-its/visi-dan-misi/. [Accessed: 15-Nov-2018].

[2] Y. A. Tofan, “Tentang DPTSI ITS,” 2018. [Online]. Available: https://www.its.ac.id/dptsi/2018/07/26/tentang-dptsi-its/. [Accessed: 15-Nov-2018].

[3] Direktorat SDMO ITS, “Rincian Tugas.” [Online]. Available: https://sdmo.its.ac.id/?page_id=113&lang=id. [Accessed: 24-Dec-2018].

[4] A. Joshi, S. Kale, S. Chandel, and D. K. Pal, “Likert Scale: Explored and Explained,” Br. J. Appl. Sci. Technol., vol. 7, pp. 396–403, 2015.

[5] B. A. Pramanandi, “Perancangan dan Pengukuran Kinerja dengan Model Balanced Scorecard di Program Indonesia Wifi (@WIFI.ID),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

[6] H. L. Janalasika, “Pembuatan Dashboard Pemantauan Kinerja Service Desk Berbasis Microsoft Power BI (Studi Kasus: Service Desk DPTSI ITS),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

[7] A. T. Soemohadiwidjojo, Panduan Praktis Menyusun Key Performance Indicator (KPI), 1st ed. Jakarta: Raih Asa Sukses, 2015.

[8] I.-Y. Song, “Developing Sequence Diagrams in UML,” in Proceedings of the 20th International Conference on Conceptual Modeling: Conceptual Modeling, 2001.

[9] S. Varga, D. Cherry, and J. D’Antony, Introducing Microsoft SQL Server 2016, 1st ed. Washington: Microsoft Press, 2016.

[10] World Technology Limited, “PHPMaker 2019 - The Best PHP Code Generator,” 2019. [Online]. Available: https://www.hkvstore.com/phpmaker/default.asp. [Accessed: 27-Jun-2019].

[11] S. Malik, Enterprise Dashboards - Design and Best Practices for IT. New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc, 2005.

[12] W. W. Eckerson, Deploying Dashboard and Scorecard. The Data Warehousing Institute, 2006.

[13] S. Few, Information Dashboard Design. O’Reilly, 2006.

[14] A. Ferrari and M. Russo, Introducing Microsoft Power BI, 1st ed. Washington: Microsoft Press, 2016.

[15] N. Juristo and S. Vegas, “Functional Testing, Structural Testing and Code Reading: What Fault Type Do They Each Detect?,” Empir. Methods Stud. Softw. Eng., pp. 208–232, 2003.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.30595/juita.v8i1.5873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901