Analisis Korelasi Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abu Khaer Firman, Hindayati Mustafidah

Abstract


Kegiatan belajar mengajar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan juga sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Sumber belajar dapat berupa perpustakaan atau teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, dengan adanya pemanfaatan internet secara benar maka akan didapatkan prestasi belajar yang tinggi. Namun sebaliknya, jika penggunaan internet tidak dimanfaatkan dengan benar maka prestasi belajar yang dicapai akan rendah. Dari permasalahan tesebut maka diteliti mengenai analisis korelasi pemanfaatan internet terhadap prestasi mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan metode korelasi product momen pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet memiliki nilai signifikansi sebesar 0,025 lebih kecil dari 0,05 atau 0,025 < 0,05, sehingga dapat dikatakan ada hubungan antara pemanfaatan internet terhadap prestasi mahasiswa walaupun lemah yaitu sebesar 0,282

Keywords


pemanfaatan internet; prestasi mahasiswa; product momen pearson

References


Mangkoesapoetro, A., 2008, Pemanfaatan Media Massa Sebagai Sumber Pembelajaran IPS di Tingkat Persekolahan, http://artikel.us/mangkoes6-04-2.html diakses tanggal 15 Desember 2013.

Riduwan, A., 2007, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Alfabeta, Bandung.

Syarifudin, B., 2009, Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan dengan SPSS, Grafindo Litera Media, Yogyakarta.

Triton, 2006, SPSS 13.0 Terapan, Andi, Yogyakarta.

Priyatno, D., 2012, Cara Kiat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Andi, Yogyakarta.


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/juita.v3i2.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2579-8901