Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Bening Bungah

Shinta Nuriyah, Moh Agung Surianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra toko, harga, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bening bungah. Penelitian ini dilakukan dengan teknik diskriptif, kuantitatif yaitu melakukan penelitian langsung pada objek penelitian, mengumpulkan data pernyataan yang diberikan melalui kuesioner mengenai pengaruh citra toko, harga, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bening. Populasi penelitian ini adalah pelanggan toko bening, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dan diketahui bahwa sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian konsumen, sedangkan variabel bebasnya adalah citra toko, harga, dan word of mouth. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bening. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bening. Dan variabel word of mouth juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bening.


Keywords


Keputusan Pembelian; Citra Toko; Harga; Word Of Mouth.

References


Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Andy, Sernovitz. (2009). Word Of Mouth Marketing : How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York : Kaplan Publishing.

Asroniyatin. D. (2017). Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotek Alya Farma Ngadiluwih Kediri. Simki- Economic, Vol. 01 No. 03, 1-17

Erdalina, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Citra Hand And Body Lotion Di Pariaman. MENARA Ilmu Vol. XII. No.9, 155-164

Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame (Studi Kasus pada Konsumen Oriflame di Kabupaten Sumbawa). Jurnal manajemen dan bisnis, Vol.2 No.1, 1-9

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa:

Benyamin Molan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Saputra, G., W., & Ardani, I., G., A., K., S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of

Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal

Manajemen, Vol. 9, No. 7 : 2596-2620
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Cetakan ke- 2. Bandung: CV

Alfabeta.
Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta. Gramedia Pustaka

Utama.
Sundara. D. (2020). Pengaruh Citra Toko dan Atmosfer Toko Tergadap Keputusan

Pembelian Konsumen di Ramayana Departement Store-Depok. Mediastima, Vol.

26 No. 2, 182-202
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi kedua. Bandung :

PT. Remaja Rusdakarya
Sopiah & Syihabudhin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel, CV. ANDI OFFSET,

Yogyakarta.
Syamsiah, S., N., Muttaqien. F., & Ato’illah, M. (2018). Analisis Pengaruh Brand Image,

Brand Awareness Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko SJ Tempeh Lumajang. Jurnal Riset Manajemen Volume 1, Nomor 1, 73-81

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip. Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, C., W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta Selatan: Salemba Empat.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v2i1.13673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994