Pengaruh Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Produk Tabungan Haji Rtjh (Studi Pada Bank Muamalat Kcp Lamongan)

Qori Widyasari, Sukaris Sukaris

Abstract


ABSTRAK

Keputusan menabung adalah langkah-langkah yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh, menentukan produk atau jasa termasuk proses dalam pengambilan keputusan menabung serta mengikuti tindakan tersebut, sering kali konsumen mempertimbangkan dalam memilih satu dari beberapa produk atau layanan yang tersedia dalam proses keputusan menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, promosi, dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah menabung pada produk tabungan haji rtjh (studi pada Bank Muamalat KCP Lamongan). Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung. Variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan menabung. Dan variabel kualitas layanan berpengaruh positif terhadap keputusan menabung.

Kata Kunci : Citra Merek, Promosi, Kualitas Layanan, Keputusan Menabung


Keywords


Kata Kunci : Citra Merek, Promosi, Kualitas Layanan, Keputusan Menabung

References


Anjani. Ratna. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Muamalat KCP Palopo. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Basu, Swastha. (2009). Manajemen Penjualan. Penerbit : BPFE-Yogyakarta.

Fadhilah. Riski. Ayu. (20160. Pengaruh Strategi Diferensiasi, Positioning Product Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di KCP Bank Syariah Mandiri Salatiga. Skirpsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartika. Lubis. Riska. (2020). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Cabang Padangsidimpuan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Kotler, P., dan Amstrong. 2005. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2 Pernhallindo. Jakarta.

M. Nur Rianto AL Arif. (2012). Dasar dasar Pemasaran Bank Syariah, , Bandung: Alfabeta.

Nopitasari, Eka. (2017). Pengaruh Lokasi, Produk, Reputasi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Iain Surakarta Menggunakan Bank Syariah. Skripsi.Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Rangkuti, Freddy. (2004). The Power of Brand. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Riduwan. (2005), Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dn Peneliti Pemula, Bandung, CV. Alfabeta.

Rambat Lupiyoadi, (2013), Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Suryani, Tatik. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global. Yogyakarta: Pernada Media.

Schiffman, L., & Kanuk,L. (2011). Perilaku Konsumen. New Jersey: Prentice Hall.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv.Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. (2019). Metodologi Penelitian, Pustaka Baru, Yogyakata.

Sukaris S, B. P. (2007).The Effect Of E-Service Quality on The Statisfaction Through Perceived Value On Web-Based Service. Journal Homepage:-www.journalijar.com.

Sartika. Dewi. Lubis. (2021). Pengaruh Brand Image, Nisbah Bagi Hasil, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di PT. Bank Muamalat. Skripsi. Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Tjiptono, Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tatik, Suryani. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wati. Yuliana. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Menabung Pada Bank BRI Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v2i2.15447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994