Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mie Instant Selama Pandemi Covid
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada adanya pembatasan segala kegiatan sehingga masyarakat cenderung menyimpan makanan yang tahan lama, diantaranya adalah mie instant. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen, citra merek, dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian mie instant merek Indomie selama pandemi Covid. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, kemudian data diperoleh dari kuesioner yang disampaikan secara online menggunakan google form. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Berdasarkan uji t didapatkan hasil bahwa perilaku konsumen (Sig. 0,000) dan inovasi produk (Sig. 0,016) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek (Sig. 0, 159) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instant Indomie.
Keywords
References
Bawono, A., et al. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Barnad Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 131–144. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1366
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta on Purchase Decision (Case Study on Gea Geo Store). Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 5(1).
Cahyono, Edi. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi), 5(1), 61–75.
Darmawan, M, D. (2018). The Effect of Price, Product Quality, Promotion, Social Factor, Brand Image on Purchase Decision Process of Loop Product on Youth Segment (Case Study of PT Telekomunikasi Selular). International Seminar & Conference on Learning Organization ISCLO 6th.
Devina, Y. H., Pujiantio, T., & Kastaman, R. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Yoghurt di DKI Jakarta. Agrikultura, 32(2), 168. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v32i2.32651
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Hatta, et al. (2018). Analysis of Product Quality, Promotion, and Price, and Purchase Decisions. Journal of Contemporary Business. Economics and Law, 16(5).
Hair, Joseph F. Jr. et al. (2014). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective Sixth Edition. New Jerey: Pearson Prentice Hall.
https://indofood.com/, diakses pada tanggal 16 Juli 2022
https://market.bisnis.com/, diakses pada tanggal 28 April 2022
Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165. https://doi.org/10.26858/pdr.v1i1.13409
Kotler, P., dan Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Erlangga.
Kotler, K. (2016). Marketing Management, 15e. Pearson Education.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global. CV. Alfabet.
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi. 4. Salemba Medika.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24. https://doi.org/10.32493/inovasi.v7i1.p24-31.5442
Rohmat, B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Provider (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Indosat Ooredo di Kota Malang). Universitas Muhammadiyah Magelang.
Schiffman, L., G., dan kanuk, L., L. (2000). Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc. Upper Saddle River.
Schiffman, L., G., dan kanuk, L., L. (2007). Consumer Behaviour 7th. Edition. (Perilaku Konsumen). PT. Indeks.
Sigar, E., T., et al. (2021). The Influence of Consumer Behavior and Digital Marketing on Purchase Decision at Grab Food in Manado. Jurnal EMBA, 9(4).
Sinurat, R., & Sinurat, J. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Instan Merek Sedap Di Desa Medan Estate. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 191–197.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sunarto. (2018a). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter, V(1), 35–43.
Sunarto, S. (2018b). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1).
Tamamudin. (2020). Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian, (9)1.
Tanady, E., S., dan Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2).
Teddy, A., & Zuliestiana, D. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Wijianty, N. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram, 13(1).
DOI: 10.30595/jmbt.v2i2.15519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2798-3994