Pengaruh Celebrity Endorser, Lifestyle Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik

Amelia Salsa Bella

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan dan keinginan masyarakat mengalami perubahan sejak munculnya hobi baru dalam masyarakat yaitu berkegiatan di alam bebas atau yang disebut dengan outdoor. Salah satu produk outdoor adalah produk Eiger, Eiger tidak hanya dapat digunakan sebagai produk outdoor saja, namun juga digunakan sebagai produk fashion seperti tas, sepatu, sandal, topi dan produk lainnya banyak diminati di kalangan anak muda. Produk Eiger merupakan produk outdoor terbaik di Indonesia dibandingkan dengan produk yang setara untuk itu perlu upaya terus bertahan dan bersaing dengan produk yang lain. Berdasar dari inilah, penelitian ini hadir dengan tujuan menkaji lebih lanjut celebrity endorser, lifestyle, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Eiger. Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa manajemen universitas Muhammadiyah gresik. Dari populasi tersebut, penelitian ini mendapatkan 249 sampel yang responden. Teknik pengambilan sampel dengan proportional stratified random sampling yakni teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menujukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, celebrity endorser dan lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Kata Kunci: Eiger, Celebrity Endorser, Lifestyle, Brand Awareness, dan Keputusan Pembelian

References


Amalia, iT. iN. i(2016). iPengaruh iBrand iAwareness iTerhadap iKeputusan iPembelianpada iSepatu iAdidas i(Studi iPada iMahasiswa iFakutlas iKomunikasi idan iBisnis Universtias Telkom). E-Proceeding of Management :,3(3).

Anas,A.A.,&Sudarwanto, T.(2020).Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan iPembelian idi iEiger iStore iRoyal iPlaza iSurabaya. iJurnal iPendidikan Tata Niaga (JPTN),8(3),953–958.

Anas, iS. iF. i(2017). iPengaruh iCelebrity iEndorser, iBrand iImage, iDan iKepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian 3 Second (Studi Kasus Pada Mahasiswa iUniversitas iMuria iKudus iProgdi iManajemen i2014). iJurnal iBisnis Dan iManajemen,1(1),1–8.

Ardiatama,E., & Budiarti, A.(2020).Pengaruh Gaya Hidup,Kualitas Produk, Promosi, iDan iCitra iMerek iTerhadaiKeputusan iPembelian iEiger. iJurnal iIlmu Dan iRiset Manajemen, i9(5).

East, iR. i(1997). i iConsumer ibehaviour. i iLondon: iPrentice iHall Fatahillah, iS.i(2019).PengaruhiBrandiAmbassador, Brand iImage, iKualitas iProduk Dan iHarga iTerhadap iMinat iBeli iKonsumen iProduk iEiger iAdventure iDi iKota Makassar.19–21.

Febrian,S.M.(2018).Keputusan Pembelian Produk Zara (Studi pada konsumen Zara iSun Plaza Medan). Skripsi,94.

Firmansyah,A.(2019).Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk iDan Merek, August ,336.

Ghozali, Imam.(2016).Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

23(Edisi8).Cetakan ke VIII.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hilmi,R.Z.,Hurriyati,R., & Lisnawati.(2018).Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan iPembelian iProduk iClothing iLine i(Survei ipada iKonsumen iClothing Line iFamodi iKota iBandung).Journal iOfiBusiness iManagemen iEducation, 3 (2),102. https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0A

http://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/sundaPangolinNationalConservationStrategy i i i iand i i iiAction Plan %28LoRes%29.pdf%0A

https://doi.org/10.1016/j.foreco.2018

Irwansyah,iR.,iListya, iK., iSetiorini, iA., Hanika,iI.iM., iHasan, M.,iUtomo,iK. iP.,Bairizki, iA., iLestari, iA. iS., iRahayu, iD. iW.iS.,iButarbutar,iM., iNupus, iH.,iHasbi,I.,Elvera,&Triwardhani,D.(2021).Perilaku Konsumen. In Widina.

Junia,Y.I.i(2020).iPengaruhiBrand Awareness, Brand iImage,daniBrandiTrust terhadapiKeputusan Pembelian pada Produk iPocariiSweatidi Jakarta.Jurnal Manajemen Bisnis Dan i i i Kewirausahaan,5(4),360.

https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.12792.

Kotler, Philip i& iGerry iArmstrong, i(2014): iPrinciple iOf iMarketing, i15th iedition. iNew iJersey: iPearson iPretice iHall.

Murtadlo, M.B., &iYunisa, iM. iB.iM.i(2019).PerananiCelebrityiEndorser Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Jogja Cushy.19 (1).

Prayitno, A., Rachma, N. , & Primanto, A.B.(2021).Pengaruh Brand Image, Lifestyle iDan iPromosi iTerhadap iKeputusan iPembelian iSepatu iVentela i(Studi Kasus iPada iKonsumen iToko iGorilla iMarket iBululawang). iE i– iJurnal iRisetManajemen.

Putri, idkk. i i(2016) iAnalisis iPengaruh iCitra iMerek, iKesadaran iMerek, iPersepsi iKualitas idan iLoyalitas iMerek iTerhadap iKeputusan iPembelian iSepatu iAdidas. i(Survey iPada Mahasiswa iUniversitas iSlamet iRiyadi iSurakarta). iJurnal iEkonomi iDan iKewirausahaan. iVol i16 i(2)

Ramdhani&Nadya(2020).PengaruhCelebrityEndorserdanBrandImageTerhadap iKeputusan iPembelian iFesyen iMuslim iHijup. iE-Proceeding iEkonomiManajemenDanAkuntansi. iVol1(1)

Sari, iP. iY., i& iPriantinah, iD. i(2018). iPengaruh iKinerja iKeuangan iDan iCorporate Social Responsibility (Csr)Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Yang Terdaftar iDi iBursa iEfek iIndonesia iPeriode i2011-2015. iNominal, iBarometer Riset Akuntansi Dan iManajemen, 7(1).

https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.1934

Sugiyono.i(2019).metodeipenelitian kuantitatifikualitatif idan iR & Di(Sutopo edisi ke 2). alfabeta.

Sakti, iT.A., iSukaris, iS., iand iAsep. i(2020).TheEffect iOf iPerceived iRisk, iConsumer iLifestyle iAnd iOnline iTrust iOn iThe iPurchase iIntention iOf iFashion iProducts iIn iInstagram iSocial iMedia, iIRJ: iInnovation iResearch iJournal.

Umboh,idkk.(2015).AnalisisiKualitas iProduk, BrandiImage dan Life styleiTerhadapKeputusaniPembelianiPakaianiWanita diiMississipi ManadoTowniSquare.JurnliEMBA:RisetEkonomi,Manajemen,Bisnis Dan Akuntansi.Vol 3 (1)

Wati,iD. S. i(2019).iPengaruh iBrand iImage Dan Kualitas ProdukiTerhadap Keputusan iPembelian iProduk iEiger iDi iJember. iIn iDigital iRepository iUniversitas iJember i(Issue iSeptember i2019).

Wijaya, S.N.C.(2020).Pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian imelalui ibrand iimage ipada iproduk isportswear imerek iUnder iArmour.Agora,8(2).

Yuliyzar,I.(2017).Faktor Brand Awareness Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan iPembelian iProduk iSepatu iMerek iNike iTiruan iDi iHome iIndustry Cikupa Tangerang.JMB :Jurnal Manajemen Dan Bisnis,7(1),73–78.

https://doi.org/10.31000/jmb.v6i2.1558


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v3i1.17030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994