Analisis Persepsi Minat Mahasiswa Berpartisipasi Dalam Program MBKM Dalam Meningkatkan Softskill Lulusan

Suyoto Suyoto, Ugung Dwi Ario, Ika Yustina Rahmawati, Alfato Yusnar Kharismasyah, Muhammad Fuad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), persepsi mahasiswa terhadap peningkatan Soft Skill mengikuti MBKM, dan pengaruh minat mahasiswa mengikuti program MBKM terhadap peningkatan soft skill lulusan. Sampel penelitian 74 mahasiswa dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen pengambilan sampel menggunakan kuisioner dengan skala likert lima tingkat, yang diedarkan kepada responden menggunakan Google Form. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic induktif dengan analisis regresi. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata persepsi responden terhadap peningkatan softskill mahasiswa mengikuti MBKM sangat tinggi yaitu 4,48 dari skala likert lima tingkat. Rata-rata minat mahasiswa mengikuti MBKM juga sangat tinggi yaitu 4,37 dari skala liker lima tingkat. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa minat mahasiswa mengikuti MBKM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan Soft Skill mahasiswa, dengan nilai R-squared cukup besar (0.62). Ini berarti bahwa variasi peningkatansoftskill lulusan dapat dijelaskan oleh minat mahasiswa mengikuti program MBKM.


Keywords


MBKM; Minat Mahasiswa; Soft Skil Lulusan.

References


Arifin, S. & Muslim, M.O.H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan MBKM pada PT Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1)

Ames, A., Smith, K.L., Sanchez, E.R.H., Pyle, L., Ball, T. & Hawk, W.J. (2017). Impact and persistence of ethical reasoning education on student learning: results from a module-based ethical reasoning educational program. International Journal Ethics and Education, 2(1): 77–96

Barnard-Brak, L., Paton, V.O. & Lan, W.Y. (2010). Profiles in self-regulated learning in the online learning environment. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 11(1), 61–80.

Dewantara, I.P.M. (2020). Curriculum changes in Indonesia: Teacher constraints and students of prospective teachers’ readiness in the implementation of thematic learning at low grade primary school. Elementary Education Online, 19(2), 1047–1060.

Fathan Robby. (2020). Hardiknas 2020 Merdeka Belajar Di Tengah Covid-19. (http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020).Pembelajaran pada masa pandemi covid-19.

Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1): 65–70

Lipscombe, K., Buckley-Walker, K. & McNamara, P. (2020). Understanding collaborative teacher teams as open systems for professional development. Professional Development and Education, 46(3): 373–390

Prayogo. 2020. Peluang Reformasi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.y.prayogo.kalderanews.com/2020/05/peluang-reformasi-pendidikan- di-tengah-pandemi-covid-19-begini-kata-mendikbud

Peraturan Mendikbud RI Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun2020-2024

Sousa, M.J., Cruz, R., Martins, J.M. (2017). Digital Learning Methodologies and Tools-A Literature Review. In Proceedings of the Edulearn17 Proceedings, Barcelona, Spain, 3–5 July; pp. 5185–5192.

Sousa, M.J., Rocha, Á. (2018). Corporate Digital Learning-Proposal of Learning Analytics Model. In Trends and Advances in Information Systems and Technologies; Advances in Intelligent Systems and Computing; Rocha, Á., Adeli, H., Reis, L.P., Costanzo, S., Eds.; Springer: Cham, Switzerland, volume 745

Widiyono, A., Irfana, S. & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/medek.v22i1.14890

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-4418