ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT MASSINDO SINAR PRATAMA MANADO)

Yance Tawas

Abstract


Sumber daya manusia adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Suatu organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia, jadi manusia merupakan faktor strategis dalam suatu kegiatan institusi atau organisasi, baik organisasi pemerintahan maupun swasta dalam mencapai tujuannya. Organisasi yang dibahas dalam penelitian ini adalah organisasi di bidang penyedia kebutuhan dan kepentingan masyarakat dengan visi “Pelayanan Prima untuk Profitabilitas”. Untuk menunjang visi tersebut, perlu didukung oleh misi yang pelaksanaannya dilakukan oleh seluruh karyawan. Salah satu misi PT Massindo Sinar Pratama Manado adalah mewujudakan profesionalitas dan menumbuhkembangkan transparansi karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pengembangan SDM terhadap kinerja karyawan PT Massindo Sinar Pratama Manado. Penelitian dilakukan pada karyawan PT Massindo Sinar Pratama Manado dengan responden yang berjumlah 63 orang dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel strategi pengembangan SDM berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT Massindo Sinar Pratama Manado.

 


Keywords


Strategi Pengembangan SDM, Kinerja Karyawan

References


Bernardin, John H, and Joyce E.A Russell, 1995. Human Resources Management: An Experiential Approach; McGraw-Hill Book Company, Inc., New York.


Handoko T. Hani, 2004, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, H.M.S.P., 2005. Manajemen SDM, edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.


Heneman, H. G, Fossum, J. A, and Diyet, L. D, 1981. Managing Personnel and Human Resources: Strategies and Programs, Dow Jones-Irwin, Homewood, Illinois.


Nawawi Hadari, 2005. Manajemen Strategik: Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. UGM. Yogyakarta.

Pearce & Robinson, 2005, Formulation, implementation, and control of Competitive Strategy, Mc Graw – Hill Irwin. Ninth Edition, New York.


Ranupandojo, H. Dan Husnan, S., 1996. Manajemen Personalia Edisi IV. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.


Singarimbun, M. dan S. Effendi, 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES, Jakarta.


Sugiyono, 2000. Metode Penelitian Bisnis. Alphabeta, Bandung


Umar, Husain, 1998. Riset Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. Gramedia Pustaka, Jakarta.


Wheelen L.T, and Hunger J.D, 2003. Strategic Management and Business Policy: Entering the 21st Century Global Society. Prentice-Hall, New Jersey.




DOI: 10.30595/medek.v19i02.7269

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-4418