Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2017 (Kesesuaian Isi, Pembentukan Karakter, dan Kompetensi Abad 21)

Agus Supriyanto, Kuntoro Kuntoro

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2017 (Kesesuaian Isi, Pembentukan Karakter, dan Kompetensi Abad 21)”. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk 1) menganalisis kesesuaian isi buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017; 2) menganalisis kesesuaian pembentukan karakter buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017; dan 3) menganalisis kesesuaian Kompetensi Abad 21 (4Cs) buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode content analisys atau kajian isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yaitu instrumen penilaian isi buku teks Bahasa Indonesia menurut BSNP, instrumen penilaian pembentukan karakter, dan instrumen penilaian Kompetensi Abad 21 (4Cs). Data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk tulisan dan dianalisis dengan cara reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Aspek kesesuaian isi memperoleh skor rata-rata 99,34 dengkat kualitas sangat baik; (2) Aspek kesesuaian pembentukan karakter memperoleh skor rata-rata 92,38 dengan tingkat kualitas sangat baik; (3) Aspek kesesuaian Kompetensi Abad 21 (4Cs) memperoleh skor rata-rata 95,83 dengan tingkat kualitas sangat baik.


Keywords


Isi; Karakter; Kompetensi Abad 21; Buku Teks

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, cet. 13. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ariyana, Yoki. dkk. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keteram­pilan Berpikir Tingkat Ting­gi. Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Bungin, Burhan. Analisis Data Pene­litian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: De­partemen Pendidikan Nasio­nal.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pela­jaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan. Jakarta: Departe­men Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pela­jaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Proses Pembelajar­an. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 71 Tahun 2013 tentang Penetapan Buku Teks Pela­jaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Proses Pembelajar­an. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Heryadi, Dedi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Baha­sa. Bandung: Pustaka Billah.

Kementerian Pendidikan dan Kebu­da­yaan Republik Indonesia, edisi revisi. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebuda­yaan.

Margono. 2009. Metodologi Peneli­tian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ban­dung: Remaja Rosdakarya.

Muljono, Pudji. 2007. Kegiatan Peni­laian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Me­ne­ngah. Dalam Buletin BSNP Vol II/ No. 1/Halaman 23.

Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing, Dasar-Dasar Pe­ma­­haman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yog­yakarta: Ar-Ruzz Media.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kre­atif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pusat Perbukuan. 2005. Pedoman Pe­ni­laian Buku Bahasa Indo­nesia untuk Sekolah Mene­ngah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta. De­partemen Pendidikan Nasio­nal. Pusat Bahasa. 2008. Kamaus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendi­dikan Nasional.

Rachim, Fathur. 2019. How To STEAM Your Classroom Revo 4.0 Model-Outside The Boxx (Part-1). Jakarta: Agtifindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwartono, 2014. Dasar-Dasar Me­to­­dologi Penelitian. Yog­ya­karta. Andi Offset.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung. Angkasa.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indo­nesia. Jakarta: Badan Pe­ngem­bang dan Pembinaan Bahasa Indonesia, Kemen­terian Pendidikan dan Kebu­dayaan.

Uno, H. 2006. Perencanaan Pembe­lajaran. Jakarta: Bumi Aksara


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v8i1.10105

Copyright (c) 2021 Agus Supriyanto, Kuntoro Kuntoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020