Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2017 (Kesesuaian Isi, Pembentukan Karakter, dan Kompetensi Abad 21)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2017 (Kesesuaian Isi, Pembentukan Karakter, dan Kompetensi Abad 21)”. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk 1) menganalisis kesesuaian isi buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017; 2) menganalisis kesesuaian pembentukan karakter buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017; dan 3) menganalisis kesesuaian Kompetensi Abad 21 (4Cs) buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode content analisys atau kajian isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud edisi revisi tahun 2017. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yaitu instrumen penilaian isi buku teks Bahasa Indonesia menurut BSNP, instrumen penilaian pembentukan karakter, dan instrumen penilaian Kompetensi Abad 21 (4Cs). Data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk tulisan dan dianalisis dengan cara reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Aspek kesesuaian isi memperoleh skor rata-rata 99,34 dengkat kualitas sangat baik; (2) Aspek kesesuaian pembentukan karakter memperoleh skor rata-rata 92,38 dengan tingkat kualitas sangat baik; (3) Aspek kesesuaian Kompetensi Abad 21 (4Cs) memperoleh skor rata-rata 95,83 dengan tingkat kualitas sangat baik.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, cet. 13. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ariyana, Yoki. dkk. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 71 Tahun 2013 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Heryadi, Dedi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, edisi revisi. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muljono, Pudji. 2007. Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam Buletin BSNP Vol II/ No. 1/Halaman 23.
Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing, Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pusat Perbukuan. 2005. Pedoman Penilaian Buku Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Bahasa. 2008. Kamaus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rachim, Fathur. 2019. How To STEAM Your Classroom Revo 4.0 Model-Outside The Boxx (Part-1). Jakarta: Agtifindo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwartono, 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung. Angkasa.
Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Uno, H. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: 10.30595/mtf.v8i1.10105
Copyright (c) 2021 Agus Supriyanto, Kuntoro Kuntoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020