Pengaruh Gawai pada Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2 Tahun 9 Bulan

Khoirun Nisa, Andi Rachel Angraeni, Rihma Rihma, Ian Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak berusia 2 tahun 9 bulan. Pemerolehan bahasa anak usia 2 tahun 9 bulan ini dikaji pada pada tataran fonologi dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara orang terdekat subjek penelitian dengan teknik bebas simak libat cakap, untuk analisis data menggunakan metode Agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ragam kosa kata yang telah dikuasai meliputi kata kerja & kata benda. Pada tataran fonologi ditemukan 2 peristiwa tutur yang mengalami perubahan yakni adanya perubahan fonem pada bunyi /r/ menjadi /l/ dan /s/ menjadi /c/. Selain itu, juga terdapat pengurangan fonem pada kata /langit/ menjadi /langi/ dan pada kata /hias/ mengalami perubahan fonem menjadi /dias/. Kata /angkasa/ juga belum bisa disebutkan dengan baik yang menjadi /kesaga/. Sedangkan pada tataran sintaksis ditemukan 2 jenis kalimat yaitu kalimat deklaratif dan kalimat eksklamatif , (2) Proses Pemerolahan bahasa meliputi bahasa pertama yang diajarkan ialah bahasa Indonesia kemudian kemampuan bilingual didapatkan secara otodidak melalui penggunaan gawai, dan (3) Ditemukan dampak positif dan negatif penggunaan gawai pada anak usia dini. Dampak positifnya yakni mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak sehingga terjadi percepatan bahasa kedua atau bilingual sedangkan dampak negatifnya yakni subjek penelitian menjadi pasif dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan subjek yang lebih mengetahui bahasa asing dari pada bahasa daerahnya yaitu bahasa Bugis.


Keywords


Psikolinguistik; Pemerolehan Bahasa; Pengaruh Gawai

References


Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa dan Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Christiaan, Karmadevi, Theresia Kristianty. Pandangan-pandangan Teoretis tentang Pemerolehan Bahasa Pertama. Modul 1. Universitas Terbuka.

Endah, Nur, Dwi dan Enjang. 2018. Pemerolehan Bahasa Pertama Terhadap Anak Usia 2 Sampai 4 Tahun Menurut Tataran Morfologi Dan Sintaksis. Jurnal Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1 No. 5.

Hikmaturrahmah. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Junal Musawa. MUSAWA, Vol. 10 No.2.

Kosasih. (2008). Perkembangan dan Pengembangan Anak di Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Lidwina, Andrea. 2020. Pandemi Covid-19 Dorong Anak-anak Aktif Menggunakan Ponsel. Melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/pandemi-covid-19-dorong-anak-anak-aktif-menggunakan-ponsel

Miles dan Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode–metode Baru (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Morrison, George S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, terj., Jakarta: PT. Indeks

Pransiska, Rismareni. 2018. Kajian Program Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 10 No. 2. Universitas Negeri Padang

Rahma, Annisa Auliya. 2020. Analisis Kemampuan Sosial Anak Bilingual Usia Tk (5-6 Tahun) Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Kp. Dadap Medan. Skripsi. Universitas Medan.

Salnita, Yulia Eka, Atmazaki & Abdurrahman. 2019. Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 Issue 1 Hal. 137-145

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Syahza, Almasdi. 2021. Buku Metodologi Penelitian Edisi Revisi Tahun 2021. Pekan Baru: Unri Press.

Zubaedah, Enny. 2004. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan: Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Yogyakarta. No.3.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v9i2.13738

Copyright (c) 2022 Khoirun Nisa, Andi Rachel Angraeni, Rihma Rihma, Ian Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020