Pemanfaatan Media Logbook untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Era Merdeka Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi paedagogik guru dengan memanfaatkan media logbook. Logbook sendiri merupakan akronim dari log activity dan bigbook. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Purworejo, Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berbentuk survei. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, studi dokumentasi, dan wawancara dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, studi pustaka, dan lembar wawancara. Analisis data kualitatif terdiri atas empat alur kegiatan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: (1) dengan pedoman log activity guru mampu mempersiapkan pembelajaran, terdiri dari; perumusan tujuan pengajaran; pemilihan metode; pemilihan pengalaman mengajar; pemilihan bahan pelajaran, peralatan, cara membuka dn menutup pengajaran; (2) melalui media bigbook pelaksanaan pembelajaran lebih menarik; (3) evalausi dan penutup pembelajaran lebih terorganisisi dengan implementasi log activity.
Keywords
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Adriyana. E., et.al. (2017). “Natural Science Big Book with Baduy Local Wisdom Base Media Development for Elementary School”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.Vol. 6, No. 1, pp. 76- 80.
Diansyah, Andre Rachman., et.al. (2019). “Media Pembelajaran Big Book sebagai Penunjang dalam Pembelajaran Permulaan di Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.
Effendy. (2010). Komunikasi Teori Dan Praktek. Jakarta: PT Grasindo Rosdakarya.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Pada Anak. Jakarta: Prenada Group.
Rahman, M. H. 2014. Professional Competence, Peagogical Competence and the Performance of Junior High School of Science Teachers. Journal of Education and Practice, 5 (9), 75-80. Retrieved from www.iiste.org
Ramadhani, P.K., dan Kustiawan, U. (2017). “The Effect Of The Big Book Media Usage To Simple Sentences’ Reading Ability For Third Grader With Intellectual Disability On Elementary School For Special Needs”. Journal of ICSAR. Vol. 1, pp. 42-45.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu.Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutarman, I Wayan Adi. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Tema Cita-citaku pada Siswa Kelas IV di SDN Desa Peguyangan Ditinjau dari Karakteristik Pertanyaan Guru.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3, no. 1 (Diakses 11 Februari 2017)
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara. Bandung: Angkasa.
USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal SD/MI di LPTK. Jakarta: USAID
DOI: 10.30595/mtf.v10i1.17855
Copyright (c) 2023 Ariesma Setyarum, Hanindya Restu Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020