Analisis Kebutuhan GABI (Game Android Bahasa Indonesia) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran BIPA

Hanindya Restu Aulia, Afrinar Pramitasari, Ariesma Setyarum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran BIPA berbasis game android yang dapat digunakan untuk mengenalkan aspek budaya tanpa melalui kunjungan atau pengamatan. Pendekatan penelitian ini ialah deskriptif-kualitatif. Kebutuhan media pembelajaran BIPA berbasis game android dan konten didalamnya diperoleh berdasarkan hasil analisis bahan ajar, analisis media pembelajaran, dan analisis materi pembelajaran BIPA. Analisis bahan ajar dilakukan telaah pada buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia baik dari level A1 hingga C2. Analisis media pembelajaran dilakukan melalui FGD dengan Dosen PBSI Unikal dan Pengajar di Sekolah Indonesia Bangkok. Sementara analisis kebutuhan materi dijaring dengan menyebar kuesioner bagi pembelajar BIPA di Sekolah Indonesia Bangkok dan pembelajar di Jawa Tengah yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah FGD dan penyebaran kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan model siklus interaktif berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa media pembelajaran game android  sebagai pilihan yang  paling sesuai dengan kondisi pembelajar  BIPA yang dapat menumbuhkan minat pembelajar BIPA. Game android juga dapat digunakan dalam pembelajaran daring dan diharapkan akan digemari karena aplikasi yang menyerupai game dapat dioperasikan pada android.


Keywords


BIPA; Game; Android; Kearifan Lokal

References


Andika, M. C., Sutjiadi, R., & Trianto, E. M. (2016). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pengenalan Batik "Indonesiaku" Melalui Permainan Berbasis Android. Teknika, 5(1), 32-37. https://doi.org/10.34148/teknika.v5i1.49

Aulia HR, Pramitasari A. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN GABI (GAME ANDROID BAHASA INDONESIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MKU BAHASA INDONESIA.

Byram M, Wagner M. (2018). Making a difference: Language teaching for intercultural and international dialogue. Am Counc Teach Foreign Lang ACTFL. 51:140–51.

Dony Novaliendry, Andriani S. (2020). English Edugame Application for Childhood base on Android. RESTI Rekayasa Sist Dan Teknol Inf. 4(1):187–92

Gusnawaty G, Nurwati A. (2019). A learning model of bahasa Indonesia as a foreign language based on local intercultural politeness. Cakrawala Pendidik. 38(1):141–55.

Harahap NS. (2012). ANDROID: Pemrograman Aplikasi MobileSmartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika

Hudaa S. (2021) Pemanfaatan Aplikasi SIPEBI untuk Pemelajar BIPA. Jurnal Bhs Indones Bagi Penutur Asing JBIPA.3(2):78–85.

Hudaa S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi SPAI untuk Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing JBIPA. 3(1):01.

Hudhana WD, Wiharja IA, Fitriani HSH (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima J Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia. 10(2):43–50.

Kusmiatun A. (2019). BIPA Teachers’ and Learners’ Perspective on Indonesia-Thailand Culture Parities.

Muzaki H. (2021) Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. SEMANTIKA. 2(2):1–9.

Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974

Safaat H, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Edisi
Revisi, Bandung: Informatika

Supardi Y. (2017). Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Android. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: PT Alfabeta; 2012. Dst


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v10i2.19523

Copyright (c) 2023 Hanindya Restu Aulia, Afrinar Pramitasari, Ariesma Setyarum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020