Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Aplikasi FonBi terhadap Keterampilan Menyaji Teks Laporan Pengamatan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman

Claudhea Enjelina Detrial, Nursaid Nursaid, Nurul Suryani, Annisa Nurul Rahma, Vebby Novedra Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak dari penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi FonBi terhadap keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih terdiri dari satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa dalam keterampilan menyaji teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan aplikasi FonBi. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Uji prasyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukakan bahwa nilai thitung > ttabel  (15,200 > 1.69913) pada taraf signifikasi α yaitu 0,05 dan taraf kepercayaan sebesar 95%.. Secara umum, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi FonBi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa.


Keywords


Pengaruh Model Pembelajaran; Project Based Learning; Teks Laporan Pengamatan

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Dewantara, M. (2016). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 38–49. https://media.neliti.com/media/publications/129551-ID-alternatif-strategi-pembelajaran-keteram.pdf

Irsyad, A. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. 2(2), 114–121.

Lazuardi, F., Gani, E., & Rasyid, Y. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 143–150.

Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). Implementasi Keterampilan Berbahasa Memirsa Dalam Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Pada Program Sekolah Penggerak. Semantik, 11(1), 47. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60

Nikmah, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menyajikan Teks Eksplanasi Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Video Animasi Bertema Fenomena Alam Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Skripsi.

Pertiwi, Y. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi Dalam Bentuk Diagram Pohon Oleh Siswa Kelas X SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2014-2015. 151, 10–17.

Rahma, U. L., & Pristiwati, R. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jpk, 5(2), 180–183. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Ratna, A. dan E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (Bahan Ajar). FBSS UNP.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v11i1.20560

Copyright (c) 2024 Claudhea Enjelina Detrial, Nursaid Nursaid, Nurul Suryani, Annisa Nurul Rahma, Vebby Novedra Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020