Pemanfaatan Media Digital pada Pembelajaran BIPA: Sebuah Kajian Literatur
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan tidak terlepas dari kemajuan teknologi, di antaranya ialah digitalisasi di segala lini kehidupan. BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) menjadi salah satu strategi efektif mengenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia. Maka dari itu, dalam pelaksanaan pembelajaran BIPA perlu menyuguhkan cara-cara yang segar dan aktual. Media digital menjadi salah satu teknologi yang memudahkan aktivitas manusia. Media digital pada penelitian ini meliputi teknologi informasi dan komunikasi berupa perangkat lunak maupun perangkat keras yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif. Pada penelitian ini akan mengkaji beberapa literatur mengenai pemanfaatan media digital pada pembelajaran BIPA agar pembaca dapat memperoleh referensi yang akurat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran BIPA di lembaga atau instansinya masing-masing. Metode yang digunakan pada kajian ini adalah studi literatur (literature review). Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan sembilan artikel ilmiah pada jurnal dan artikel prosiding berbahasa Indonesia yang diperoleh dari database Google Scholar. Literatur yang didapat berkisar pada rentang tahun 2018 – 2023. Dari sembilan artikel yang dianalisis, penelitian mengenai pemanfaatan media digital pada pembelajaran BIPA berbicara penerapan media teknologi yang dimanfaatkan dalam pembelajaran BIPA pada tingkatan tertentu. Dari keseluruhan artikel tersebut banyak menghasilkan informasi sarat guna untuk pengembangan pembelajaran BIPA yang lebih efektif dan menarik.
Keywords
References
Asteria, P. V. dan Farida, D. N. (2009). E-Mikuta (Komik Saku Kosakata Elektronik): Media Pembelajaran BIPA Berbasis Teknologi, Kongres Bahasa Indonesia, hal. 1–14.
Francisca Haryanti Chandra & Nur Widyana. (2016). Augmented Reality sebagai implementasi pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran. Prosiding, 151–158.
Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Fitriani, H. S. H. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 43–50.
Idris, N.S. 2017. Internasionalisasi Bahasa Indonesia Melalui Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bandung: Prosiding Seminar Internasional Pembelajaran BIPA: Perubahan, Tantangan, dan Peluang
Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–14.
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–36.
Maulana, A., Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar berbasis web. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 4(2), 134-156.
Mulyani, R., & Kurniawan, K. (2023). EKSPLORASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS BIPA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 701-712).
Muzaki, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02), 1–9. https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379
Nugraheni, N. K. (2017). Multimedia pembelajaran digital untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 31-38.
Okra, Riri, and Yulia Novera, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan’, Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4.2 (2019), 121.
Ratnasari, S. A. D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 UNTUK PEMELAJAR BIPA TINGKAT LANJUT DI BIPA UNIVERSITAS ISLAM MALANG. Jurnal Ilmiah Sastra dan Pembelajaranya, 9(1).
Riyanti, A. (2019). Pemanfaatan audiovisual bermuatan budaya sebagai media pembelajaran BIPA. Prosiding KIPBIPA XI.
Septriani, H. (2021). Pemanfaatan Media Digital G Suite For Education dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh di University of Vienna. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 70-77.
Setiawan, R., Kosasih, E., & Abidin, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Melalui Aplikasi Android Untuk BIPA Tingkat Dasar. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 44-50).
Shih, Y.-C., & Yang, M.-T. (2008). A Collaborative Virtual Environment for Situated Language Learning Using VEC3D. Educational Technology & Society, 11 (1), 56-68.
Siahaan, L., Wiranata, V., Zai, K., & Nasution, J. (2023). Keterampilan Membaca Pada Pengajaran BIPA Menggunakan Media Digitalisasi. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 6(1), 160-165.
Sudana, U., Nurhadi, J., Rahma, R., & Amajida, G. F. (2019). Media Virtual Reality Desa Wisata Untuk Pembelajaran Bipa: Apa Dan Bagaimana. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran, bandung PT Sinar Baru Algesindo.
Tahmida, N. S., Susanto, G., & Suyitno, I. (2022). MEDIA DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN LITERASI KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN TUTORIAL PROGRAM BIPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 168-193.
Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dalam Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia pada Era Globalisasi. Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 31–38.
Wirawan. (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zamahsari, G. K., Roffi’uddin, A. H., & HS, W. (2019). Implementasi Scaffolding dalam Pembelajaran BIPA di Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 68–78.
DOI: 10.30595/mtf.v11i1.20746
Copyright (c) 2024 Alfi Ardhiati Solikhah, Laily Nurlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2776-6020