Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Pendek Berjudul New Toys Karya Somchit Douangpanga (Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce)

Nur Innayah Ganjarjati, Dwi Purbaningrum

Abstract


Dimensi Profil Pelajar Pancasila saat ini sedang diterapkan di sekolah dalam Kurikulum Merdeka. Enam dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan Global; Mandiri; Bergotong royong; Bernalar Kritis; dan Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam cerita pendek yang berjudul New Toys. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Objek utama dalam penelitian adalah cerpen New toys karya Somchit Douangpanga, data pendukung berupa buku, artikel dan jurnal terkait dengan penelitian ini. Hasil analisis yaitu, (1) terdapat Triangle meaning dalam cerpen New Toys (2) dalam cerita pendek yang berjudul New Toys ditemukan tiga dimensi dari enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu; Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia yaitu akhlak pribadi dan akhlak kepada manusia, kreatif dan mandiri. Meskipun dalam cerpen ini belum ditemukan ke enam dari dimensi Profil Pelajar Pancasila, namun penelitian ini mempunyai peran dan kontribusi dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila yang sedang diterapkan di sekolah.


Keywords


Dimensi Profil Pelajar Pancasila; Profil Pelajar Pancasila; Cerita Pendek; New Toys; Kajian Semiotik Charles Sanders Pierce

References


ABDUL FATAH, R. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MAHAMIMPI ANAK NEGERI TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2412.

D, O. Y. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem (Vol. 4).

Agustina, L. (2017). ANALISIS SEMIOTIK DALAM KUMPULAN CERPEN AIR MATA IBUKU DALAM SEMANGKUK SUP AYAM (Vol. 2, Nomor 1).

H.B. Sutopo. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNS Press.

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.47400/jiees.v3i2.47

Ilmayanti, R. (2018). PERISTIWA INTIFA> D} AH DALAM CERPEN LI MAN NAH} MIL AL-RAS} AS} KARYA JIHA> D AL-RAJBI> (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce).

Inayah, N. nur. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo Novita Nur ’Inayah. Journal of Education and Learning Science, 01, 1–13.

J. Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Little John, S. W. (1998). Theories of Human Communication (Edisi Ke 5). Wads Worth.

Maulida, A. (2013). 36-71-1-SM. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam , 02(pendidikan Akhlak), 1–18.

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK. Inovasi dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129.

Nada Naililhaq, F. (t.t.). Semiotika Peirce dalam Sajak Putih dan Sia-sia Karya Chairil Anwar. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasiEmail

Nazir, M. (2013). Metode penelitian . Ghalia Indonesia.

Nurachmana, A., Purwaka, A., Yuliani, dan, & Yos Sudarso, J. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. 1(1).

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Patriansah, M., & Wijaya, R. S. (2021). Analisis Tanda Dalam Karya Seni Grafis Reza Sastra Wijaya Kajian Semiotika Peirce. JURNAL RUPA, 6(1), 34. https://doi.org/10.25124/rupa.v6i1.3737

Pengembangan Projek Penguatan, P., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (2021). Profil Pelajar Pancasila.

Rahmayori, A., & Wilyanti, L. S. (2022). Analisis Semiotika dalam Cerpen Ibu Yang Anaknya Diculik Itu Karya Seno Gumira Ajidarma. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 6, Nomor 2). http://Aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara

Rizky, H. (2020). PESAN DAKWAH DALAM NOVEL SANTRI CENGKIR (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE).

Sengvixay, S. (2023). New Toys Somchit Douangpanya.

Setiawan, A., Emma, H., Dan Hajrah, M. M., Daeng, J., Raya, T., & Selatan, S. (t.t.). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU: PENDEKATAN SEMIOTIK PEIRCE.

Ulandari, S., & Dwi Rapita, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE: RELASI TRIKOTOMI (IKON, INDEKS DAN SIMBOL) DALAM CERPEN ANAK MERCUSUAR KARYA MASHDAR ZAINAL Charles Sanders Pierce Semiotic Study: Tricotomic Relations (Icons, Index And Symbols) in Anak Mercusuar Short Story by Mashdar Zainal (Vol. 04, Nomor 1). https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian

Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (t.t.). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Zurrahmah. (2020). semiotika Pierce dalam cerpen harian tempo edisi Agustus-September 2020. jurnal Ilmiah Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 1–7.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v11i1.20753

Copyright (c) 2024 Nur Innayah Ganjarjati, Nur Innayah Ganjarjati, Nur Innayah Ganjarjati, Nur Innayah Ganjarjati, Nur Innayah Ganjarjati, Nur Innayah Ganjarjati, Dwi Purbaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020