Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilann Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MA Sunan Ampel

Ima Hazimah Iskarimah, Abu Yazid Adnan Quthny, Hemas Haryas Harja Susetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keefektifan model pembelajaran Think Talk Write dan Student Team Achievement Devition pada pembelajaran menulis teks eksplanasi. Model Think Talk Write sendiri merupakan sebuah model pembelajaran kooperatif yang memiliki tahapan-tahapan dalam pengaplikasiannya yaitu: tahap berpikir,tahap berbicara dan tahap menulis. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MA Sunan Ampel Kamalkuning, Krejengan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif berbentuk angket. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuisioner. Analisis Data kuantitatif terdiri dari dari tiga tahapan: 1). Tahap uji Normalitas, 2). Tahap Uji Homogenitas dan 3). Tahap uji-t Hipotesis. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: Adapun hasil uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan nilai t hitung lebih besar 0,115 daripada t tabel 0,19 dengan taraf signifikan 0,036. Nilai signifikansi lebih kecil 0,05 maka dinyatakan dalam penelitian ini hipotesis  H_1 dan H_(0) ditolak. Berdasarkan penjabaran hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write lebih  efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Devition terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MA Sunan Ampel.


Keywords


Think Talk Write; Teks Eksplanasi; Model Pembelajaran

References


Abidin, Yuli. (2019). Pembelajaran Multi Literasi. Bandung: Rafika Agitma.

Amir, Ma’ruf. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta Aswaja indopress.

Agus, Purnomo Maria Kanusta dkk,(2022) “Pengantar Model Pembelajaran“ Hamjah Diha Foundation.

Arsyad (2021).“Pembinaan Menulis Karya ilmiah “Akademika Press indo.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, (2022).Halo Bahasa, (Jakarta: Badan Bahasa.

Istikhanzah, (2020). Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devition Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Education Action Research.

Kementerian Dinas Pendidikan & Kebudayaan. (2018). Bahasa Indonesia Literasi dan Akademik Siswa Kelas XI Jakarta.

Ninit Alfianka, (2019). “Pengaruh Penerapan Think Talk Write Pada Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN Painan”. Jurnal penelitian Bahasa

Wyn Jampel,(2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. Undiksha. Universitas Ganesha,Singaraja.

Sanjaya, Lathif,(2019). “Pendekatan dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa”. Jurnal Educeligia.

Sufyen, dkk.(2020). Mahir Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputino

Sudiyati. (2023)“Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Materi Teks Eksplanasi dengan Model Think Talk Write Berbantu Media Komik Strip” Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah-JIPS (Mei 2023).Vol 4.No 1 Hal-3

Sugiyanto, Ahmad Z, (2019). Teori Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Majalengka: PenamediaGroup

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudiyati, (2023).“Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Materi Teks Eksplanasi dengan Model Think Talk Write Berbantu Media Komik Strip” Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah-JIPS

Suhaimin, Miftah dkk, (2020). 86 Model Pembelajaran K13 Inovatif Yogyakarta: An-Nurr Media group.

Saidah, Juna. (2019). Model dan Metode Belajar Kreatif Serta Berkarakter. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Soekamto dkk, (2018). Pembelajaran dan faktor Pengaruhnya. Jakarta: Aneka Cipta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v11i1.21448

Copyright (c) 2024 Ima Hazimah Iskarimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020