ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 20013/2014 DI KABUPATEN PURBALINGGA
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.275Abstract
Abstrak: Ujian Sekolah Dasar sebagai salah satu penilaian yang berfungsi untuk (1) pemetaan mutu satuan pendidikan, (2) dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, (3) penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, dan (4) dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya meningkatkan mutu satuan pendidikan harus memenuhi kriteria sebagai instrumen penilaian (tes) yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas/ mutu butir soal ujian sekolah secara empiris ditinjau dari kesahihan/ validitas, ketepercayaan/ reliabilitas, tingkat kesulitan, daya pembeda dan efektifitas butir pengecoh (distraktor). Data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentari, yaitu dengan menggunakan lembar jawab ujian yang telah ada. Analisis datanya dengan menggunakan statistik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir yang memenuhi criteria validitas sebanyak 47%, tingkat kesulitan soal 38%, daya beda 42%, dan efektifitas butir pengecoh 94% serta tingkat reliabilitas memenuhi persyaratan. Dari penggabungan keseluruhan kriteria tersebut, diketahui ada 14 butir soal atau 28% memenuhi semua kriteria yang ditetapkan (layak) dan 36 butir soal atau 72% tidak memenuhi satu atau lebih kriteria sehingga dinyatakan tidak layak. Secara keseluruhan soal ujian sekolah tersebut kualitasnya masih rendah sehingga masih perlu diperbaiki untuk menjadi soal ujian. Kata kunci: analisis butir soal, ujian, Sekolah Dasar, bahasa IndonesiaReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balibang Kemendikbud. 2014. Peraturan Ka. Balibang Kemendikbud Nomor 001/H/HK/2014 tentang POS Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah Tahun Pelajaran 2013/2014. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 1994. Pedoman Penyusunan Perangkat Soal SD dan SMP. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar.
Heryadi, Dedi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.
Heryadi, Dedi. 2014. Statistika Praktis untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Nasution, Noehi dan Adi Suryanto. 2005. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurkancana dan Sumartana. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 102 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran Ujian Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, SDLB dan Program Paket A/ ULA. Jakarta: Kemendikbud.
Mendiknas. 2007. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian di Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M. Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1984. Dasar-dasar Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: CV Serajaya.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Jakarta: CV Serajaya.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Sutomo. 1985. Teknik Penilaian Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Thoha, M. Chabib. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Waridjan. 1991. Tes Hasil Belajar Gaya Objektif. Semarang: IKIP Semarang Press.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.