PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IX F PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ilyas Ilyas SMP Negeri 2 Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.276

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di IX F SMP Negeri 2 Pekuncen, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Pekuncen. Fokus penelitian pada penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik jigsaw. Pelaksanaan penelitian melibatkan guru Bahasa Indonesia yang lain sebagai kolaborator. Melalui data yang ada dan refleksi awal, prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi dalam setiap siklus. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan tes tertulis/kuis. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan minat belajar bahasa Indonesia dapat dicapai dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning teknik jigsaw. Peningkatan pada siklus I ke siklus II ditunjukkan dengan adanya peningkatan aspek keaktifan siswa mengikuti pelajaran dari 80% menjadi 100%, aspek keberanian bertanya dari 63% menjadi 76.63%, aspek mengajukan pendapat dari 73% menjadi 83.3%, aspek menjawab pertanyaan dari 56.6% menjadi 66.6%, dan aspek bekerja sama dari 80% menjadi 93.3%. Peningkatan hasil belajar juga dibuktikan pada kemampuan siswa melengkapi isi laporan dari 86.66 menjadi 90, aspek pilihan kata dari 81.66 menjadi 8.66, aspek pelafalan dari 72.5 menjadi 76.6, aspek jeda dari 66.66 menjadi 72.5, dan aspek gerak/mimik dari 64.16 menjadi 65.8. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan meningkatkan partisipasi siswa belajar berbicara. Kata kunci: cooperative learning, jigsaw, keterampilan berbicara

References

Anita, Lie. (2004). Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Etin Solihatin & Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2007). Model pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Caray. (2009). Makalah http://makalah danskripsi.blogspot.com/2009/03/ pengertianberbicara.html. Diakses pada tanggal 25 Januari 2015.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. (cetakan ke-2).Yogyakarta: Gaya Media.

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta didik (cetakan ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G.(1985). Berbicara sebagai Suatu Sistem Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

How to Cite

Ilyas, I. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IX F PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.276

Issue

Section

Article