PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.277Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap motivasi belajar peserta didik dalam memahami teks laporan hasil observasi; 2) pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap prestasi belajar peserta didik dalam memahami teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-kuasi dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 143 orang, dengan kelas VII A, VII C, VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B, VII D sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes. Angket, berupa skala sikap yang terdiri atas 20 butir, digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 40 butir. Tes ini digunakan untuk mengetahui prestasi belajar memahami teks laporan hasil observasi. Hasil analisis data dengan taraf signifikasi α=0,05 menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terhadap motivasi belajar peserta didik; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata kunci: pembelajaran penemuan, motivasi, prestasi belajarReferences
Christine, Maylani. 2009. Pedagogi: Strategi dan Teknik Mengajar dengan Berkesan. Bandung: PT Setia Purna Inves.
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing. Tersedia: Jurnal. upi. edu/penelitian pendidikan.diakses tanggal 5 September 2014.
Fathurrohman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning teori & Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, E. P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.