PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Authors

  • Rumijati Rumijati SMP Negeri 3 Kaliwiro Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.277

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap motivasi belajar peserta didik dalam memahami teks laporan hasil observasi; 2) pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap prestasi belajar peserta didik dalam memahami teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-kuasi dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 143 orang, dengan kelas VII A, VII C, VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B, VII D sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes. Angket, berupa skala sikap yang terdiri atas 20 butir, digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 40 butir. Tes ini digunakan untuk mengetahui prestasi belajar memahami teks laporan hasil observasi. Hasil analisis data dengan taraf signifikasi α=0,05 menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terhadap motivasi belajar peserta didik; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata kunci: pembelajaran penemuan, motivasi, prestasi belajar

References

Christine, Maylani. 2009. Pedagogi: Strategi dan Teknik Mengajar dengan Berkesan. Bandung: PT Setia Purna Inves.

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing. Tersedia: Jurnal. upi. edu/penelitian pendidikan.diakses tanggal 5 September 2014.

Fathurrohman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning teori & Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E. P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

How to Cite

Rumijati, R. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.277

Issue

Section

Article