MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FUNGSIONAL PENDEK MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN FOUR SQUARE

Authors

  • Rakum Partoyo SMP Negeri 1 Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.282

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks fungsional pendek dengan menggunakan teknik pembelajaran word square dan four square. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Subjek penelitian berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan baik hasil belajar maupun motivasi belajar siswa. Dari data awal nilai rata-rata kelas: 74,00 menjadi 65,19 pada siklus 1 dan 80,48 pada siklus 2. Sedangkan persentase keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari data awal: 61,00% naik menjadi 81,81% pada siklus 1 dan 90,90% pada siklus 2. Kata kunci: teks fungsional, word square, four square

References

Aqib, Zaenal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Azar, B. S. 1993. Understanding and Using English Grammar Edisi Dwibahasa. Jakarta: Binarupa Aksara.

Bates, Nina. 2009. Real Time. Jakarta: Erlangga.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi Press Group.

Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Arasca.

Gratiana, Y. 2006. Panduan Bahasa Inggris kelas VII. Bandung:Grasindo.

Harmer, Jeremy. 1998. How to teach English. London: Longman Group

Heaton, J. B. 1975. Writing English Test. London: Longman Group.

Kumalarini, Th. 2008. Bahasa Inggris SMP Kelas VII. Jakarta: Depdiknas.

Siswanto, Joko. dkk. 2008. Let’s talk. Bandung: Pakar Raya.

Zaida, Nur. 2010. English Assessment Test for Junior High School Grade VII.

Downloads

How to Cite

Partoyo, R. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FUNGSIONAL PENDEK MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN FOUR SQUARE. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.30595/mtf.v1i2.282

Issue

Section

Article