PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA UNSUR-UNSUR TEKS EKSPOSISI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP DARUL ULUM TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2015/2016

Muning Hartinjung

Abstract


Abstrak: Penelitian berjudul Penerapan Metode Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan membaca unsur-unsur teks eksposisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Darul Ulum Tonjong Kabupaten Brebes tahun ajaran 2015/2016, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca unsur-unsur teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Darul Ulum Tonjong Kabupaten Brebes dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi terhadap guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dalam belajar Bahasa Indonesia yang terkait dengan materi memahami teks eksposisi siswa kelas VII SMP Darul Ulum Tonjong Kabupaten Brebes tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Index card match. Pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Tes diperoleh dari hasil tes setiap siklus, sedangkan non tes diperoleh dari hasil observasi siswa dan guru. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I nilai rata-rata sebesar 76,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68,8%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 4,7 dengan peningkatan presentase ketuntasan klasikal sebesar 18,8%. Peningkatan kemampuan membaca unsur-unsur teks eksposisi sejalan dengan peningkatan minat belajar siswa.

Kata kunci: kemampuan membaca, unsur-unsur teks eksposisi, bahasa indonesia, index card match

Keywords


Kata kunci: kemampuan membaca, unsur-unsur teks eksposisi, bahasa indonesia, index card match

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembela-jaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto S, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arisma, O. 2012.Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah Di Kelas VII SMP Negeri 1 Puri. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Candrawati, R. 2014. Upaya Mening¬katkan Keaktifan Siswa Da¬lam Proses Pembelajaran Biologi Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Ke¬las VII C SMP Negeri 2 Colo¬madu Tahun Ajaran 2013/ 2014. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaer, A. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2005. Psikologi Bela¬jar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gustina, E. W. 2011. Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pem-be¬lajaran Ekonomi Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasa-ngan) Pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010/2011. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irawati, I dan Budi, A. 2014. Mening¬katkan Kualitas Pembela¬jaran Membaca Pemahaman Dengan Teknik Porpe Pada Mata Kuliah Reading. Jurnal Magistra. Volume 89.

Keraf, G. 1992. Eksposisi. Jakarta. Grasindo.

Muktiani, N. dan Chamdani, M. dan Warsiti. 2014. Penggunaan Mo¬del Kooperatif Tipe Index Card Match Dalam Pening-katan Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangrena 01 Maos Tahun 2013. Naskah Publikasi. Uni¬versitas Sebelas Maret.

Parera, D. P. 1987. Menulis Tertib dan Sistematis. Erlangga. Jakarta.

Purwanto, M. N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. 2013.68 Model Pembe-lajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Soedarso. 2004. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Sucipto dan Agustian, M. 2014. Ba-ha¬sa Indonesia. Klaten. Intan Pariwara.

Sudjana, N. 2009. Penilian Hasil Pro¬¬ses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Ros-dakarya.

Sugyiono, 2010. Memahami Peneliti¬an Kualitatif. Bandung: Alva¬beta.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Lear¬ning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusta-ka Pelajar.

Syafi’ie, Imam. 1993. Pandai Berba¬hasa Indonesia. Jakarta: Dep¬dikbud.

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca: Seba¬gai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Ang-kasa.

Tribintari, H. 2013. Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sys¬tem Pemindah Tenaga Kom¬pe¬tensi Memelihara Transmi¬si Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Naskah Publikasi.

Triyanto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prog-resif. Jakarta: Kencana Pren-da Media Group.

Zaini, H. 2005. Strategi Pembela-jaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Full Text: XML

DOI: 10.30595/mtf.v6i2.7805

Copyright (c) 2020 Muning Hartinjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020