Persepsi Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan terhadap Pelaksanaan Interprofessional Education (IPE)
DOI:
https://doi.org/10.30595/pharmacy.v18i2.9707Keywords:
farmasi, interprofessional education, mahasiswa, persepsiAbstract
Interprofessional Education (IPE) merupakan pembelajaran yang interaktif, berbasis pembelajaran kelompok profesi, dengan menciptakan suasana belajar yang kolaboratif sehingga antar profesi dapat melakukan interaksi untuk menyampaikan pemahaman tentang interpersonal, kelompok, organisasi sebagai proses profesionalisme profesi. IPE dapat terjalin jika terdapat dua atau lebih mahasiswa kesehatan dengan bidang yang berbeda untuk belajar bersama untuk meningkatkan kualitas kolaborasi tenaga kesehatan pada lingkungan praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh IPE terhadap persepsi mahasiswa Fakultas Farmasi di Universitas Ahmad Dahlan (FFUAD) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan one-group pre-test & post-test design. Pengambilan data menggunakan kuesioner pre-IPE dan post-IPE, kuisoner IEPS (Interprofessional Education Perception Scale) yang dimodifikasi. Sejumlah 114 mahasiswa yang mengikuti program IPE . Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas mahasiswa FFUAD memiliki persepsi yang lebih baik atau meningkat setelah mengikuti program IPE (83%) dibandingkan dengan sebelum mengikuti IPE (76%). Hasil uji paired sampel t-test pada signifikansi 95% menunjukan ada perbedaan rata-rata antara mahasiswa yang belum mengikuti IPE dengan mahasiswa yang sudah mengikuti IPE (P=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dari pelaksanaan program IPE terhadap persepsi mahasiswa FFUAD Yogyakarta.
References
Coster, S., Norman, I., Murrells, T., Kitchen, S., & Meerabeau, E., 2008, Interprofessional Attitudes Amongst Undergraduate Students in The Health Professions, a Longitudinal Questionnaire Survey, International Journal of Nursing Studies, 45: 1667-1681
Cahyani, I., 2012, Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Mahasiswa Regular FIK UI Terhadap RUU Keperawatan, Skripsi, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Fauziah, F.A., (2010), Analisis Gambaran Persepsi Dan Kesiapan Mahasiswa Profesi FK UGM Terhadap Interprofessional Education di Tatanan Pendidikan Klinik, Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.
Hammick, M., Freeth, D., Koppel, I., Reeves, S., & Barr, H., 2007, A Best Evidence Systematic Review Of Interprofessional Education, BEME Guide, 9.
Israbiyah, S.R., 2016, Persepsi Mahasiswa Tentang Interprofessional Education (IPE) di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Skripsi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Keith, K.M., & Askin, D.F, 2008, Effective collaboration: The key to better health care. Canadian Journal of Nursing Leadership, CJNL, 21(2): 51- 61.
Notoatmodjo, S., 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.
Prananingrum, I.A., 2011, Gambaran Nilai Professional Keperawatan Program Profesi NERS, Skripsi, Fsik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Reeves, S., Abramovich, I., Goldman, J., 2009, Promotes Collaboration In Health And Education, Canadian Interprofessional Health Collaborative (CIHC).
Sedyowinarso, M., a’la, M.Z., Harjanto, T., 2012, Persepsi Dan Kesiapan Mahasiswa Tahap Akademik Terhadap Interprofessional Education di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, The Indonesian Journal Of Health Science, 2(2).
Sugiyono., 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Hal : 110-114.
World Health Organization, 2010, The Case for Interprofessional Education and Colaborative Practice for Global Health, Framework for Action on Interprofessional Education and Collaborative Practice, 10(3).
Yuniawan, A. E., Mulyono, W. A., & Setiowati, D. 2013. Peresepsi dan Kesiapan Dosen Terhadap Pembelajaran. Jurnal Keperawatan Soedirman, 10(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).