Penerapan Goal Setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa : Pendekatan Eskperimen Non-Randomized Control Trial

Authors

  • Sarah Fauziyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ghozali Rusyid Affandi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Zaki Nur Fahmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.16476

Keywords:

Goal Setting, Motivasi Belajar, Siswa

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam kegiatan belajar karena dapat mendorong siswa untuk teribat dalam kegiatan belajar. Salah satu faktor yang dianggap penting dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu adanya goal setting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan goal setting terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SMK Yapalis Krian Sidoarjo. Subjek penelitian ini berjumlah 68 siswa terbagi menjadi 2 kelompok treat berjumlah 34 siswa dan kelompok control 34 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode non-randomized control trial dengan desain yang digunakan pretest & posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala adaptasi MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questonnaire) dengan reabilitas sebesar 0.922. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji analisis Independet sample T-Tets dan Paired sample T-Test dengan menggunakan program JASP 0.16. Hasil penelitian ini menunjuukan terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan pelatihan goal setting.

References

Abdul, R. A. (2018). Sejarah psikologi : Dari klasik hingga modern (Ed. 1). PT RajaGrafindo Persada.

Affandi, G. R. & Hastjarjo, T. D. (2011). Pengaruh tipe penentuan tujuan (goal setting) terhadap performasi bahasa inggris siswa : dengan efikasi diri dan kemampuan awal bahasa inggris sebagai konvariabel. Jurnal Psikologi Tabularasa, 6(1), 277–288. https://doi.org/10.26905/jpt.v5i2.181.

Bantam, D. J., & Syah, M. E. (2022). Pelatihan Goal Setting sebagai Upaya Meningkatkan Keputusan Karier Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. Altruis: Journal of Community Services, 3(1), 108–115. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i1.20358

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Gopalan, V., Bakar, J. A. A., Zulkifli, A. N., Alwi, A., & Mat, R. C. (2017). A review of the motivation theories in learning. AIP Conference Proceedings, 1891(October 2017). https://doi.org/10.1063/1.5005376

Jack, F. R., Norman, W. E., & Hellen, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. In K. Sarah (Ed.), Nucl. Phys. (Eight, Vol. 13, Issue 1). McGraw-Hill.

Kukuh B. P. & Rahmasari, D. (2016). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(01), 1–9.

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Langi, G. K. L. (2021). Kajian faktor motivasi belajar mahasiswa dalam peralihan masa pandemi covid-19 ke masa endemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.6408886

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist, 57(9), 705–717. https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2006). New directions in goal-setting theory. Current Directions in Psychological Science, 15(5), 265–268. https://doi.org/10.1111/j.1467-8721.2006.00449.x

Locke, E. A., Shaw, K. N., Saari, L. M., & Latham, G. P. (1981). Goal setting and task performance: 1969-1980. Psychological Bulletin, 90(1), 125–152. https://doi.org/10.1037/0033-2909.90.1.125

Melnic, A.-S., & Botez, N. (2014). Academic Learning Motivation. Economy Transdisciplinarity Cognition, 17(2), 56–62.

Minggarwati, T. & Suwarti. (2014). Studi deskriptif tingkat motivasi belajar pada kanak-kanak penyandang thalessemia di wilayah kabupaten banyumas. Psycho Idea, 12 (1), 42–46. doi : 10.30595/psychoidea.v12i1.522

Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aircraft drawing di smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/21803

Nasution, I. N., Syaf, A., & Abdurrab, P. U. (2018). Hubungan iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa smk abdurrab. Jurnal Psikologi, 1(2), 98–110.

Ningrum, R. K. (2021). Validitas dan reliabilitas motivated strategies for learning questionaire (MSLQ) pada mahasiswa kedokteran. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 421–425. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.421-425

Nugroho, W., & Na’imah, T. (2014). Studi deskriptif kuantitatif tentang motivasi belajar warga belajar kelas xi paket C setara sma di sanggar kegiatan belajar (skb) purwokerto. Psycho Idea, 12(1), 31–36.

Pintrich, P. R. . A. O., & A. (1991). Motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 156–164.

Pintrich, P.R., Smith, D.A.F., García, T., & McKeachie, W.J. (1991). A manual for the use of the motivated strategies questionnaire (MSLQ). University of Michigan, National Center for Research to Improve Postsecondary Teaching and Learning.

Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di smp muhammadiyah 1 sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3), 1–5. https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.18044.

Setiawan, N. A. (2019). Pengaruh pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Journal of Psychology, 2(1), 101–120. https://doi.org/10.24042/ajp.v2i1.4150.

Syachtiyani, W. R. T. N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878.

Syah, M. E., Bantam, D. J., Jayanti, A. M., Psikologi, P. P., & Ekonomi, F. (2022). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja saat pembelajaran jarak jauh. Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1, 58–66. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.13.

Uyun, M. (2022). Dukungan sosial teman sebaya dan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 753–778. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2335

Wardani, A. D., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Benty, D. D. N., Sumarsono, R. B., Nurabadi, A., & Handayani, L. (2020). Student Learning Motivation: A Conceptual Paper. 487(Ecpe), 275–278. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.049

Downloads

Published

2023-03-28

Issue

Section

PSYCHOIDEA