Penerapan Goal Setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa : Pendekatan Eskperimen Non-Randomized Control Trial
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.16476Keywords:
Goal Setting, Motivasi Belajar, SiswaAbstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam kegiatan belajar karena dapat mendorong siswa untuk teribat dalam kegiatan belajar. Salah satu faktor yang dianggap penting dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu adanya goal setting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan goal setting terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SMK Yapalis Krian Sidoarjo. Subjek penelitian ini berjumlah 68 siswa terbagi menjadi 2 kelompok treat berjumlah 34 siswa dan kelompok control 34 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode non-randomized control trial dengan desain yang digunakan pretest & posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala adaptasi MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questonnaire) dengan reabilitas sebesar 0.922. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji analisis Independet sample T-Tets dan Paired sample T-Test dengan menggunakan program JASP 0.16. Hasil penelitian ini menunjuukan terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan pelatihan goal setting.
References
Abdul, R. A. (2018). Sejarah psikologi : Dari klasik hingga modern (Ed. 1). PT RajaGrafindo Persada.
Affandi, G. R. & Hastjarjo, T. D. (2011). Pengaruh tipe penentuan tujuan (goal setting) terhadap performasi bahasa inggris siswa : dengan efikasi diri dan kemampuan awal bahasa inggris sebagai konvariabel. Jurnal Psikologi Tabularasa, 6(1), 277–288. https://doi.org/10.26905/jpt.v5i2.181.
Bantam, D. J., & Syah, M. E. (2022). Pelatihan Goal Setting sebagai Upaya Meningkatkan Keputusan Karier Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. Altruis: Journal of Community Services, 3(1), 108–115. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i1.20358
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Gopalan, V., Bakar, J. A. A., Zulkifli, A. N., Alwi, A., & Mat, R. C. (2017). A review of the motivation theories in learning. AIP Conference Proceedings, 1891(October 2017). https://doi.org/10.1063/1.5005376
Jack, F. R., Norman, W. E., & Hellen, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. In K. Sarah (Ed.), Nucl. Phys. (Eight, Vol. 13, Issue 1). McGraw-Hill.
Kukuh B. P. & Rahmasari, D. (2016). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(01), 1–9.
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Langi, G. K. L. (2021). Kajian faktor motivasi belajar mahasiswa dalam peralihan masa pandemi covid-19 ke masa endemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.6408886
Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist, 57(9), 705–717. https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705
Locke, E. A., & Latham, G. P. (2006). New directions in goal-setting theory. Current Directions in Psychological Science, 15(5), 265–268. https://doi.org/10.1111/j.1467-8721.2006.00449.x
Locke, E. A., Shaw, K. N., Saari, L. M., & Latham, G. P. (1981). Goal setting and task performance: 1969-1980. Psychological Bulletin, 90(1), 125–152. https://doi.org/10.1037/0033-2909.90.1.125
Melnic, A.-S., & Botez, N. (2014). Academic Learning Motivation. Economy Transdisciplinarity Cognition, 17(2), 56–62.
Minggarwati, T. & Suwarti. (2014). Studi deskriptif tingkat motivasi belajar pada kanak-kanak penyandang thalessemia di wilayah kabupaten banyumas. Psycho Idea, 12 (1), 42–46. doi : 10.30595/psychoidea.v12i1.522
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aircraft drawing di smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/21803
Nasution, I. N., Syaf, A., & Abdurrab, P. U. (2018). Hubungan iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa smk abdurrab. Jurnal Psikologi, 1(2), 98–110.
Ningrum, R. K. (2021). Validitas dan reliabilitas motivated strategies for learning questionaire (MSLQ) pada mahasiswa kedokteran. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 421–425. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.421-425
Nugroho, W., & Na’imah, T. (2014). Studi deskriptif kuantitatif tentang motivasi belajar warga belajar kelas xi paket C setara sma di sanggar kegiatan belajar (skb) purwokerto. Psycho Idea, 12(1), 31–36.
Pintrich, P. R. . A. O., & A. (1991). Motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 156–164.
Pintrich, P.R., Smith, D.A.F., García, T., & McKeachie, W.J. (1991). A manual for the use of the motivated strategies questionnaire (MSLQ). University of Michigan, National Center for Research to Improve Postsecondary Teaching and Learning.
Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di smp muhammadiyah 1 sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3), 1–5. https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.18044.
Setiawan, N. A. (2019). Pengaruh pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Journal of Psychology, 2(1), 101–120. https://doi.org/10.24042/ajp.v2i1.4150.
Syachtiyani, W. R. T. N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878.
Syah, M. E., Bantam, D. J., Jayanti, A. M., Psikologi, P. P., & Ekonomi, F. (2022). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja saat pembelajaran jarak jauh. Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1, 58–66. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.13.
Uyun, M. (2022). Dukungan sosial teman sebaya dan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 753–778. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2335
Wardani, A. D., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Benty, D. D. N., Sumarsono, R. B., Nurabadi, A., & Handayani, L. (2020). Student Learning Motivation: A Conceptual Paper. 487(Ecpe), 275–278. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.049
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially