The Assertiveness of Islamic Communication and Broadcasting Students is Seen from Their Confidence

Ilma Nur Fatihatur Rahmah, Zun Azizul Hakim

Abstract


Keterampilan melakukan komunikasi efektif merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Asertifitas merupakan salah satu atribut psikologis yang harus dimiliki untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengkaji mengenai keterkaitan kepercayaan diri dengan asertivitas mahasiswa komunikasi Penyiaran Islam. Penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif korelasi. Kriteria responden penelitian ialah mahasiswa semester 7 Prodi Komunikasi penyiaran islam, serta rentang usia 19-22 tahun dengan jumlah  mahasiswa 105 mahasiswa. Teknik sampling purposif digunakan untuk memilih responden tersebut. Penelitian ini memakai 2 alat ukur yakni skala asertivitas yang terdiri dari 17 aitem, dengan α=0,928, dan skala kepercayaan diri yang terdiri dari 21 aitem, dengan α=0,898. Hubungan antara kepercayaan diri dan asertifitas mahasiswa diuji menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Analisis pendahuluan dilaksanakan untuk meyakinkan apakah asumsi normalitas, linieritas, dan homoscedasticity terpenuhi. Perolehan hasil uji hipotesis terlihat bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kedua variabel, r=0,383, n= 105, p<0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri mahasiswa, semakin tinggi pula asertifitasnya.


Keywords


Assertiveness; Self-confidence; Islamic Broadcasting Comunication

References


Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462.

Al’Ain, M. O., & Mulyana, O. P. (2013). Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA (Himpunan Mahasiswa) Prodi Psikologi FIP UNESA. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(3), 1-6. DOI: https://doi.org/10.26740/jim.v1n3.

Astuti, Y. (2006). Perbedaan Perilaku Asertif antara Mahasiswa UMM Yang Berasal dari Madura dan Jawa Tengah. Skripsi, University of Muhammadiyah Malang.

Brekke, E., Clausen, H. K., Brodahl, M., Lexén, A., Keet, R., Mulder, C. L., & Landheim, A. S. (2021). Service user experiences of how flexible assertive community treatment may support or inhibit citizenship: a qualitative study. Frontiers in psychology, 12, 3908. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.727013.

Chasanah, E. M., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Asertivitas Dalam Menyampaikan Pendapat Pada Aktivis Mahasiswa/I Di Unissula. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 13(1), 88-97. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.13.1.88-97.

Dewantari, T., Surya, B. H., & Bulantika, S. Z. (2021). Group Counseling with Assertive Training Techniques to Self Confidence Adolescents. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 35-41. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3317.

Eisler, R. M., Miller, P. M., & Hershen, M. (1973). Components of assertive behavior. Journal of Clinical Psychology, 29(3), 295–299. DOI: https://doi.org/10.1002/1097-4679(197307)29:3<295::AID-JCLP2270290305>3.0.CO;2-9

Gallan, A. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Ormawa. Skripsi, UNIKA Soegijapranata Semarang.

Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, Z. A. (2014). Pengaruh Pelatihan Asertif terhadap Asertifitas Siswa Baru dan Keberanian serta Kepercayaan diri siswa untuk memutuskan kehendak baiknya. DINAMIKA PENELITIAN, 14(1).

Hasmawati, F. (2020). Manajemen dalam komunikasi. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen, 7(2), 1-11. DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v7i2.7587

Hikmah, N. (2021). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Pada Remaja. Jicoms: Journal of Islamic Communication and Media Studies, 1(1), 67-78.

Khotimah, W. Q., Agustini, V. D., & Tiara, A. (2022). Kampanye Kesehatan Mental Melalui Meme: Edukasi Komunikasi Asertif di Kalangan Siswa SMAN 6 Kota Tangerang. Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI), 76-83. DOI: https://doi.org/10.20885/jamali.vol4.iss2.art3.

Lazarus, A. A. (1958). New methods in psychotherapy: A case study. South African Medical Journal, 32(26), 660-663.

Lauster, P. (2002). Tes kepribadian (alih bahasa: DH Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Maloney, M. E., & Moore, P. (2020). From aggressive to assertive. International journal of women's dermatology, 6(1), 46. DOI: https://doi.org/10.1016%2Fj.ijwd.2019.09.006.

Martin, R.R., & Poland, E.Y. (1980). Learning to change: A self-Management Approach to adjustment. New York: Mc.Graw Hill.

Mauboy, D. S. (2011) Perbedaan asertivitas antara remaja putri suku Belu dan suku Jawa. Skripsi, Sanata Dharma University.

Munir, L. Z. (2019). Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenalan Remaja dan Masalahanya di SMAN 2 Masbagik. Fondatia, 3(2), 103-113. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.361.

Nikolaiev, L., Herasina, S., Hrechanovska, O., Vlasenko, O., Skliarenko, S., & Hrande, K. (2023). The Development of Assertiveness of the Individual as a Subject of Communication. Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala, 15(2), 210-228.

Novalia & Dayakisni, T. (2013). Perilaku asertif dan kecenderungan menjadi korban bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 169-175. DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1366.

Pardede, E. S., Chairilsyah, D., & Puspitasari, E. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 659-672.

Perry, P. (2011, October). Concept analysis: Confidence/self‐confidence. In Nursing forum (Vol. 46, No. 4, pp. 218-230). Malden, USA: Blackwell Publishing Inc.

Postolatii, E. (2017). Assertiveness: Theoretical approaches and benefits of assertive behavior. Journal of Innovation in Psychology, Education and Didactics, 21(1), 83-96.

Pratiwi, W. E. (2015). Pengaruh budaya jawa dan harga diri terhadap asertivitas pada remaja siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo. eJournal Psikologi, 3(1), 348–357.

Rakos, R. F. (1991). Assertive behavior: Theory, research, and training. Taylor & Frances/Routledge.

Rathus, S. A., & Nevid, J. S. (1977). Concurrent validity of the 30-item assertiveness schedule with a psychiatric population. Behavior therapy, 8(3), 393-397. DOI: https://doi.org/10.1016/S0005-7894(77)80074-9.

Rimm, D. C., & Masters, J. C. (1974). Behavior therapy: Techniques and empirical findings. Academic Press.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Seco, V. M. M., & Lopes, M. P. (2014). Between compassionateness and assertiveness: A trust matrix for leaders. Journal of Industrial Engineering and Management (JIEM), 7(3), 622-644. DOI: https://doi.org/10.3926/jiem.1046.

Sirait, C. M. (2016). Perbedaan Perilaku Asertif pada Mahasiswa Suku Batak Toba dan Suku Jawa di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Skripsi, Universitas Medan Area.

Speed, B. C., Goldstein, B. L., & Goldfried, M. R. (2018). Assertiveness training: A forgotten evidence‐based treatment. Clinical Psychology: Science and Practice, 25(1), e12216. DOI: https://doi.org/10.1111/cpsp.12216.

Suparlan, S. (2021). Factors contributing students’ speaking anxiety. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 160-169. DOI: https://doi.org/10.33394/jollt.v9i2.3321.

Talwar, S., Dhir, A., Singh, D., Virk, G. S., & Salo, J. (2020). Sharing of fake news on social media: Application of the honeycomb framework and the third-person effect hypothesis. Journal of Retailing and Consumer Services, 57, 102197. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102197.

Tiara, A., & Khotimah, W. Q. (2023). INKLUSI PADA ORGANISASI DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ASERTIF INDIVIDU. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 5(2), 222-236. DOI: https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v5i2.3024.

Tripathy, M. (2018). Assertiveness–A win-win approach to business communication. IUP Journal of Soft Skills, 12(2), 48-56.

Umiyati, U. (2009). Perbedaan Perilaku Asertif Antara Etnis Jawa Dengan Etnis Dayak. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan self-effecacy dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Komunikasi Islam (Journal of Islamic Comunication), 5(1), 51-82. DOI: https://doi.org/10.15642/jki.2015.5.1.51-82.

Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif dalam Menyampaikan Pendapat di Kelas pada Siswa SMPN 21 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 17-24. DOI: https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i1.54911.

Yessi, Y., & Oktaviana, R. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Yatim Di Palembang. Jurnal Ilmiah Psyche, 11(2), 117-126.

Zakiya, N., & Hariyadi, S. (2022). Nilai Budaya Kolektivisme dan Perilaku Asertif pada Suku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 11(2), 62-71. DOI: https://doi.org/10.15294/sip.v11i2.64788.


Full Text: PDF (English)

DOI: 10.30595/psychoidea.v22i1.19618

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516