Kepercayaan Diri Ditinjau dari Dukungan Sosial pada Penyandang Tuna Netra
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i2.4175Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kepercayaan diri. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyandang tuna netra di Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Sumatera Utara sebanyak 150 orang yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Analisa Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan r = 0.598, dan p = 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan kepercayaan diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan (R2) yang diberikan variabel dukungan sosial terhadap kepercayaan diri adalah sebesar 35.7 persen, selebihnya 64.3 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial dan kepercayaan diri, dengan asumsi semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi kepercayaan diri dan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah kepercayaan diri.References
Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia
Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Depok: AR-RUZZ Media.
Hakim, T. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Depok: Puspa Swara.
Hidayat, K. & Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Jarmitia, S., Sulistyani, A., Yulandari, N., Tatar, F. M.,& Santoso, H. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri pada Penyandang Disabilitas Fisik di SLB Kota Banda Aceh. Jurnal Psikoislamedia. Vol. 1, No. 1, April 2016. Diakses pada 30 April 2018 dari eprints.ums.ac.id/48360/34/naskah%20publikasi.pdf
Kemendagri. (2016). Undang-Undang Pasal 8 pasal 1 ayat 1 Tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kemendagri. Diakses pada 4 Mei 2016 dari www.kemendagri.com.
Mildawani. (2014). Membangun Kepercayaan Diri. Jakarta Timur: Lestari Kiranatama.
Nursalam & Kurniawati, N. D. (2007). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Terinfeksi Hiv/Aids. Jakarta: Salemba Medika. Diakses pada 26 April 2018 dari https://books.google.co.id/books?id=LlTG5E64XC8C&pg=PA29&dq=dukungan+sosial&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjl9vvOrcbcAhXUbX0KHd6JCPcQ6AEIJzAA#v=onepage&q=dukungan%20sosial&f=false
Riyanto, A. (2013). Anak Penyandang Disabilitas. New York: United Nations Children’s Fund. Diakses pada tanggal 26 April 2018 dari www.unicef.org.
Sakti, G. F. & Rozali, Y. A. (2015)Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri pada Atlet Cabang Olah Raga Taekwando Dalam Berprestasi (Studi pada Atlet Taekwando Club BJTC, Kabupaten Tangeramg). Jakarta:Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Volume 13 Nomor 1. Diakses pada 23 Maret 2018 dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/692
Santoso, H. (2016). Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Sarafino, E. P. & Smith, T. W. (2011). Healthy Psychology: Biopsychosocial Interaction Sevent Edition. United States of America: Jhon Wiley & Sons, Inc. Diakses pada 10 April 2018 dari http://gen.lib.rus.ec/search.php?req=Healthy+psychology&lg_topic= libgen&open=0&view=simple&res=25&pharse=0&column=def.Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Kanisius.Sobur, A. (2016). Kamus Psikologi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.Soemantri, T. S. (2006). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Refika Aditama.Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tumanggor, R., Ridho, K., & Nurrochim.(2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana.
Sindonews.com. (2013). Penyandang tunantera di Indonesia alami diskriminasi diakses pada 2 Meil 2018 dari https://nasional.sindonews.com/read/799806/15/penyandang-tunanetra-di-indonesia-alami-diskriminasi-1383061850
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially