Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0

Sri Widayani, Kamsih Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh  demokratis  dengan kecanduan gadget pada remaja awal. Populasi dalam penelitian ini remaja awal kelas VIII SMP X di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 128 siswa. Analisis data yang digunakan adalah Analisa Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan negatif dan signifikan antara persepsi pola asuh  demokratis  dengan kecanduan gadget pada remaja awal, nilai koefisien korelasi sebesar -0,193 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,01) artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi pola asuh demokratis dengan kecanduan gadget pada remaja awal. Semakin tinggi persepsi pola asuh demokratis maka kecanduan gadget cenderung semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah persepsi pola asuh demokratis maka kecanduang gadget cenderung semakin tinggi.

Keywords


Persepsi pola asuh demokratis; Kecanduan gadget; Remaja awal

References


Abedini, Y., Zamani, B., Kheradmand, A., & Rajabizadeh, G. (2012). Impacts of Mothers’ Occupation Status and Parenting Styles On Levels of Self-control, Addiction to Computer Games, and Educational progress of Adolescents. European Psychiatry, 4(April), 102–110. https://doi.org/10.1016/s0924-9338(15)30399-0

Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 86–96. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 05(01), 70–84. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/viewFile/43/43

Arifin, Z. (2016). Perilaku Remaja Pengguna Gagdet; Analisis Teori Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2), 287–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.219

Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013). Contribution of Parenting Style in life domain of Children. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 12, Issue 2 (May. - Jun. 2013), PP 91-95, 12(2), 91–95.

Ching, K.H, Tak, L. . (2017). The Structural Model in Parenting Style, Attachment Style, Self-regulation and Self-esteem for Smartphone Addiction. IAFOR Journal of Psychology & the Behavioral Sciences, 3(1), 85–103. https://doi.org/10.22492/ijpbs.3.1.06

Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara Academic Stress dengan Smartphone Addiction pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 16–21.

Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+ Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gagdet Dalam Kehidupan. Jurnal KOPASTA, 5 (2), (2018) 55-64, 5(2), 55–64.

Moazedian, A., Taqavi, S. A., Hosseinialmadani, S. A., Mohammadyfar, M. A., & Sabetimani, M. (2014). Parenting Style and Internet Addiction. J. Life Sci. Biomed. Journal Homepage: J. Life Sci. Biomed, 4(41), 9–14. Retrieved from http://jlsb.science-line.com/

Nugraheni, D. . (2017). Pola Asuh Orangtua Pada Remaja Yang Kecanduan Bermain Game Online. Diunduh dari httpe:prints.umm.ac.id/438421/jiptumm.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, Volume 5, Nomor 2, September 2017, Hlm 722-731 Orang, 5(September), 722–731.

Rusmini. (2016). Gadget dan Prestasi Belajar pada Usia 13-15 Tahun di SMP Cahaya di Jl. Bulak Banteng Lor No. 68 Surabaya. Jurnal Ners Lentera, 4(1), 74–81.

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 45. https://doi.org/10.29210/02018190

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitaian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Kanak-Kanak Akhir. Depok: Pranadamedia Group.

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p148-159.174

Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital Pengaruh Gadget pada Perilaku dan Kemampuan Anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Young, K. S., & Abreu, C. N. de. (2017). Kecanduan Internet. Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psychoidea.v18i1.6234

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516