Kata Pengantar

Psycho Idea Admin

Abstract


PENGANTAR REDAKSI

Assalamu’alaikum Wr Wb

             Puji syukur kepada Alloh SWT, akhirnya Jurnal Psycho Idea Volume 18 Nomor 1 Tahun 2020, dapat diterbitkan. Edisi ini  menjadi bukti semakin meningkatnya  apresiasi terhadap publikasi ilmiah bidang ilmu psikologi.  Kami selaku pengelola Jurnal Psycho Idea berusaha selalu melakukan pembenahan dan perbaikan agar Jurnal ini  dapat diterima oleh civitas akademika terutama yang berkecimpung didalam ilmu psikologi.  Pada volume ini,  Jurnal Psycho Idea  menghadirkan sepuluh artikel yang berisi isu-isu yang menarik dalam penelitian psikologi.

            Artikel pertama, membahas tentang pengaruh academic worksload pada stress akademik pada mahasisswa yang berperan ganda. Hasil  penelitian tersebut menunjukan pengaruh positif academic workload pada stres akademik pada mahasiswa yang memiliki peran ganda.

               Artikel kedua mengkaji mengenai apakah tipe kepribadian introvert dapat mengakitbatkan burnout pada perawat. Hasil penelitian menununjukan adanya hubungan positif pada kedua variable tersebut.

Artikel ketiga membahas tentang terapi singkat berfokus solusi untuk meningkatkan kemampuan penetapan tujuan pada narapaida yang menjelang bebas. Hasil penelitian tersebut menunjukan efektifitas terapi singkat berfokus solusi dalam meningkatkan kemampuan penetapan tujuan narapidana.

Artikel keempat, memberikan sebuah gambaran peningkatan resiliensi pada individu disabiitas dengan menggunakan pendekatan Al-Fatihah Reflection Therapy (ART). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa individu disabilitas merasa tenang, lebih kuat, dan optimis menghadapi tantangan hidup.

            Artikel kelima mengangkat tema tentang pengaruh kebersyukuran pada kualitas kehidupan kesehatan pada remaja di panti asuhan.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaru kebersyukuran pada dimensi kesejahteraan psikologis dan dukungan sosial serta teman sebaya.

Artikel keenam membahas komitmen afektif  sebagai moderator pada pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja kontekstual. Hasil penelitian menunjukan bahwa komitmen afektif tidak mampu memoderisasi pengaruh budaya organisasi pada kinerja kontekstual, sedangkan komitmen afektif dapat meningkatkan perilaku kinerja kontekstual pada karyawan.

Artikel ketujuh tentang kaitan religiusitas dengan penyesuaian diri pada korban penyalahgunaan Narkoba. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan positif religiusitas dengan penyesuaian diri pada korban penyalahgunaan narkoba.

Artikel kedelapan merupakan hasil penelitian fenomenologis terhadap remaja pelaku tindak pidana di mana penulis menunjukan orientasi masa depan ketiga responden yang berorientasikan kepada pendidikan dan ada juga satu responden yang berorientasikan kepada pekerjaan, dengan cara mengumpulkan informasi dan melakukan persiapan diri. Orientasi masa depan pada ketiga responden dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor kontekstual.

Artikel kesembilan membahas hubungan persepsi terhadap pola asuh demokratis terhadap kecanduan gadget pada remaja awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan negatif di antara keduany, di mana semakin tinggi persepsi terhadap pola asuh demokratis maka kecanduang gadget pun semakin berkurang.

Artikel kesepeuluh tentang kaitan kecerdasan spiritual dengan stress kerja. Hasilnya ada hubungan negatif di antara dua variable tersebut, sehingga seseorang yang kecerdasan spiritualnya tinggi cenderung memiliki tingkat stres yang rendah, begitu juga dengan sebaliknya.

            Kami berharap hadirnya Psycho Idea edisi Februari 2020  ini memberikan manfaat dan bisa menginspirasi penelitian psikologi dari berbagai kajian.. Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psychoidea.v18i1.6892

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516