PEMBELAJARAN METODE SEATWORK TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SEMESTER I PADA KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN DI SMP NEGERI 6 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i2.144Abstract
ABSTRAK Hasil ulangan harian siswa kelas VIIA rata-rata 56,21 dengan ketuntasan kelas 38,24% sisanya masih di bawah nilai ketuntasan minimum 70. Oleh karena itu penelitian ini beorientasi pada tujuan meningkatkan hasil belajar matematika khususnya konsep persamaan dan pertidaksamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran metode seatwork terstruktur. Kegiatan penelitian dilakukan pada 34 siswa kelas VII A dari bulan September sampai dengan Nopember 2011. Hasil penelitian menunjukkan metode seatwork terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A pada konsep persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel sebesar 19,38 dari 56,21 menjadi 75,59 dengan nilai ketuntasan belajar sebesar 50% yaitu dari 38,24% menjadi 88,24%. Selain itu metode seatwork terstruktur dapat mengurangi miskonsepsi pada siswa terhadap konsep-konsep matematika; dan meningkatkan keaktifan siswa selama proses belajar. Kata Kunci : metode seatwork terstruktur, hasil belajar, persamaan dan pertidaksamaanReferences
Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo.
Depdiknas. 2003. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika SMP. Jakarta : Depdiknas
Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Muhammad. 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta : Depdikbud.
Muijs. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)