PEMBELAJARAN METODE SEATWORK TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SEMESTER I PADA KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN DI SMP NEGERI 6 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Authors

  • Jaskun Winarti

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i2.144

Abstract

ABSTRAK Hasil ulangan harian siswa kelas VIIA rata-rata 56,21 dengan ketuntasan kelas 38,24% sisanya masih di bawah nilai ketuntasan minimum 70. Oleh karena itu penelitian ini beorientasi pada tujuan meningkatkan hasil belajar matematika khususnya konsep persamaan dan pertidaksamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran metode seatwork terstruktur. Kegiatan penelitian dilakukan pada 34 siswa kelas VII A dari bulan September sampai dengan Nopember 2011. Hasil penelitian menunjukkan metode seatwork terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A pada konsep persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel sebesar 19,38 dari 56,21 menjadi 75,59 dengan nilai ketuntasan belajar sebesar 50% yaitu dari 38,24% menjadi 88,24%. Selain itu metode seatwork terstruktur dapat mengurangi miskonsepsi pada siswa terhadap konsep-konsep matematika; dan meningkatkan keaktifan siswa selama proses belajar. Kata Kunci : metode seatwork terstruktur, hasil belajar, persamaan dan pertidaksamaan

References

Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo.

Depdiknas. 2003. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika SMP. Jakarta : Depdiknas

Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Muhammad. 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta : Depdikbud.

Muijs. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2014-10-01