MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PERHITUNGAN SOAL CERITA MATEMATIKA SMP MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK

Authors

  • Jaskun Winarti

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v10i2.145

Abstract

Hasil analisis persentase soal cerita matematika SMP dari tahun 2006 sampai 2008 menunjukkan bahwa pada tahun 2005/2006 sebanyak 40%, 2006/2007 sebanyak 43,3% dan 2007/2008 sebanyak 45%. Hal ini menunjukkan bahwa tipe soal cerita matematika dari tahun ke tahun meningkat. Berdasarkan analisis tersebut dapat terungkap bahwa siswa dituntut mampu melakukan perhitungan matematik terkait dengan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan analisis hasil kinerja siswa selama pembelajaran melalui pendekatan pragmatik menunjukkan bahwa siswa mampu dengan baik menyebutkan komponen yang diketahui dari soal, komponen yang ditanyakan dari soal, menggunakan rumus secara sistematis, mampu melakukan perhitungan sehingga jawaban siswa terhadap soal menjadi tepat. Hal ini terbukti dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan rata-rata siswa memiliki kemampuan mengungkapkan konteks dan makna soal bernilai baik (3,00), mengungkapkan apa yang diketahui atau ditanyakan bernilai baik (2,93), menuliskan rumus bernilai sedang (2,74), menentukan model soal bernilai sedang (2,20), menyelesaikan hitungan bernilai sedang (2,00) dan mengembalikan jawaban ke model soal bernilai sedang (2,00). Dengan demikian Pembelajaran melalui pendekatan pragmatik dapat meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan perhitungan soal cerita matematika. Kata kunci: pendekatan pembelajaran, pragmatik, matematika, soal cerita.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda Karya.

Leech, Geofrfrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan Oka. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Pekerti MIPA. 2000. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Matematika Di Perguruan Tinggi. Dirjen. Pendidikan Tinggi. Departemen pendidikan Nasional

Downloads

Published

2013-10-01