MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PERHITUNGAN SOAL CERITA MATEMATIKA SMP MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v10i2.145Abstract
Hasil analisis persentase soal cerita matematika SMP dari tahun 2006 sampai 2008 menunjukkan bahwa pada tahun 2005/2006 sebanyak 40%, 2006/2007 sebanyak 43,3% dan 2007/2008 sebanyak 45%. Hal ini menunjukkan bahwa tipe soal cerita matematika dari tahun ke tahun meningkat. Berdasarkan analisis tersebut dapat terungkap bahwa siswa dituntut mampu melakukan perhitungan matematik terkait dengan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan analisis hasil kinerja siswa selama pembelajaran melalui pendekatan pragmatik menunjukkan bahwa siswa mampu dengan baik menyebutkan komponen yang diketahui dari soal, komponen yang ditanyakan dari soal, menggunakan rumus secara sistematis, mampu melakukan perhitungan sehingga jawaban siswa terhadap soal menjadi tepat. Hal ini terbukti dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan rata-rata siswa memiliki kemampuan mengungkapkan konteks dan makna soal bernilai baik (3,00), mengungkapkan apa yang diketahui atau ditanyakan bernilai baik (2,93), menuliskan rumus bernilai sedang (2,74), menentukan model soal bernilai sedang (2,20), menyelesaikan hitungan bernilai sedang (2,00) dan mengembalikan jawaban ke model soal bernilai sedang (2,00). Dengan demikian Pembelajaran melalui pendekatan pragmatik dapat meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan perhitungan soal cerita matematika. Kata kunci: pendekatan pembelajaran, pragmatik, matematika, soal cerita.References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda Karya.
Leech, Geofrfrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan Oka. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Pekerti MIPA. 2000. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Matematika Di Perguruan Tinggi. Dirjen. Pendidikan Tinggi. Departemen pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)