IDENTITAS DIRI PADA REMAJA DARI KELUARGA BERBEDA AGAMA (STUDI FENOMENOLOGI PADA REMAJA DARI KELUARGA DENGAN LATAR BELAKANG AGAMA YANG BERBEDA)
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v12i2.1549Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan identitas diri di kalangan remaja dari keluarga dengan latar belakang agama yang berbeda. Ini adalah studi kualitatif yang menerapkan pendekatan fenomenologis. Informannya adalah remaja dari latar belakang agama yang berbeda di Purwokerto. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Analisis dilakukan dengan menerapkan model analisis interaktif. Berdasarkan analisis, identitas diri di kalangan remaja yang diamati berasal dari aspek genetika, subjek DWP, AKM, AD, dan RD mempelajari nilai-nilai agama dari orang tua mereka masing-masing. Memiliki nilai. Selain itu, mereka juga menerima pengaruh eksternal dan AD mendapatkannya dari ayahnya. Dari aspek struktural, DWP dan AD berbagi keinginan yang kuat untuk berubah sebagai persiapan untuk masa depan mereka, RD dan AKM berharap bisa menemukan seseorang yang memiliki kepercayaan yang sama. Dilihat dari aspek dinamis, subjek tidak mengalami krisis identitas apapun, kecuali RD. Pada aspek pshycology interaktif, DWP dan RD memiliki hubungan normal di lingkungan mereka, AKM mengalami kesalahpahaman dari temannya tentang agama tersebut, mereka pikir dia adalah seorang chistian dari namanya. AD merasa tidak enak untuk memiliki agama yang berbeda dari ibunya dan kakak laki-lakinya. Pada aspek kepercayaan pada orang tua, DWP dan RD mendapat dukungan dalam mengambil pilihan religius. AD tidak mendapat dukungan dari sang ibu, RD mengalami konflik dengan sang ayah. Dari ketaatan religius mereka, hanya AKM yang memiliki masalah pemujaan identitas, karena dia tidak bisa menghindari persuasi teman. Kata kunci: identitas diri, remaja, agama yang berbeda dalam keluarga ABSTRACT This study is aimed at reveaveling self-identity among the adolescents from the families with different religion background. This is a qualitative study appliying a phenomenological approach. The informants are the teens from different religion backgroundin Purwokerto. The data collection was done using interview and observasion. The analysis was doneby applying interactive model of analysis.Based on the analysis, self-identity among the adolescents observed is from the genetic aspect, the subject of DWP, AKM, AD, and RD learn the religious values from their parents each has own in obtaining the values. Besides, they also receive the external influences and AD gets it from her father. From the structural aspect, DWP and AD share a strong willing to change as a preparation for their future, RD and AKM hope to find someone who have a same faith. Seen from the dynamic aspect, the subjects do not experience any identity crisis, except RD. On the interactive pshycology aspect, DWP and RD have a normal relation in their neighborhood, AKM experiences a misperception from his friend about the religion, they think he is a chistian from the name. AD feels uneasy to have a different religion from her mother and older sibling. On the aspect of trust in the parents, DWP and RD get support in taking the religious option. AD has no support from the mother, RD experiences a conflict with the father. From their religious obedience, it is only AKM who have a problem of worshipping identity, as he can not avoid the persuasion of the friends. Keyword : self-identity, adolescent, different religion in the familyReferences
Ali, Z. (2006). Pengantar Keperawatan Keluarga Cetakan 2010. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.
Amelia, J. (2014). Asosiasi Antara Gaya Pengasuhan dan Status Identitas Diri Remaja Etnis Jawa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3 (1). 6-10
Caplin, J.P (2006). Kamus Lengkap Psikologi Penerjemah Kartini Kartono. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Erikson, E.H. (1989). Identitas dan Siklus Hidup Manusia , Bunga rampai 1.
Penerjemah : Agus Cremers. Jakarta : PT. Gramedia.
Hurlock, E.B. (1994). Psikologi Perkembangan : Suatu Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Alih Bahasa : Istiwidayani dan Soedjarwo. Jakarta : Erlangga.
Jalaludin. (2000). Psikologi Agama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Parfit, D. (2006). On “The Importance of Self-Identity”. The Journal of Philosophy, 68.(20). 683-690.
Purwadi. (2004). Proses Pembentukan Identitas Diri Remaja. Jurnal Humanitas : Indonesian Psychological Journal. 1 (1),43-52.
Santrock, J.W. (2003). Adolesence : Perkembangan Remaja. Edisi Keenam Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
____________. (2007). Remaja. Edisi Kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sarwono, S.W. (2011). Psikologi Remaja edisi revisi. Jakarta : PT Grafindo Persada
Saor, F.R. (2011). Kajian Perkawinan Beda Agama Menurut Perspektif Hukum. Diunduh dari http://raja1987.blogspot.com/2008/08/kajian-perkawinan-beda-agamamenurut.html.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)