Model Pemberdayaan Keluarga Dengan Pendekatan Improvement Dan Berbasis Masalah Psikososial Anak Dari Keluarga Miskin
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v13i1.1551Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) menguji efektifitas model pemberdayaan dengan pendekatan Improvement dan berbasis masalah psikososial anak, 2) Mengkaji faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan model pemberdayaan keluarga dengan pendekatan Improvement dan berbasis masalah psikososial anak, dan 3) menyusun buku panduan pelaksanaan model pemberdayaan dengan pendekatan Improvement dan berbasis masalah psikososial anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Pada tahap kedua ini uji coba model untuk mengetahui efektivitas model dilakukan dengan menggunakan desain quasi eksperiment. Untuk mengkaji faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan model menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ditetapkan secara purposive di kampung Sri Rahayu Kecamatan Purwokerto Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan t tes, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaktif melalui tahapan reduksi data, sajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu : pertama, berdasarkan hasil ujicoba model menunjukkan rerata pre tes = 147,937 ; rerata post tes = 156,906 ; t = -2,759 ; df = 31 ; p = 0.010. Artinya, kemampuan parenting subjek bisa ditingkatkan melalui pelatihan parenting sehingga pemberdayaan keluarga miskin dapat dilakukan melalui model ini. Kedua, faktor pendukung pelaksanaan ujicoba model ini adalah : 1) Ketersediaan fasilitator dan co fasilitator yang kompeten, 2) Tingkat partisipasi peserta yang tinggi, 3) Beragamnya metode pelatihan yang diterapkan, dan 4) Proporsi materi yang bersifat praktis lebih banyak daripada yang bersifat teori. Adapun faktor penghambat pelaksanaan ujicoba model adalah : 1) Masih adanya pemahaman yang keliru tentang metode pengasuhan, antara lain yang berkaitan dengan metode penyelesaian masalah anak dan teknik menghukum, dan 2) Latar belakang pendidikan peserta yang rendah menyebabkan mereka sulit menerima materi yang bersifat konseptual. Kata Kunci : Pemberdayaan keluarga, pendekatan improvement, masalah psikososialReferences
Ahmadi, H.A. & Supriyono, W. (2004), Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
H.A.R. Tilaar. (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia,Strategi Reformasi Pendidikan Nasional .Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Becker, G, (1993), Human Capital, Chicago : The University of Chicago Press
Bronferbrener,U, (1994), “Ekological models of human development”, dalam International Encyclopedia of Education, Vol 3, 2nd,Ed. Oxford : Elsevier
Borg,W.R & Gall,M.D, (1983), Educational Research : An Introduction. London: Longman, Inc.
Cummings, S. Seeking Self Discipline, dalam http://www.more-selfesteem.com/selfdiscipline.htm. Diakses 20 Juli 2004.
Dumasari, Naimah,T., Pamungkas, R.B., dan Kosasih, A.D.,( 2008), “ Mekanisme Coping Strategies Rumahtangga Petani Miskin di Pedesaan dalam Mengatasi Permasalahan Sosial Ekonomi Akibat dari Kenaikan Harga dan Kelangkaan Bahan Bakar Minyak”, Laporan Penelitian, LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, tidak diterbitkan.
Gordon, T. (1996). Teaching Children Self Discipline ( Terjemah : Suprayitna dan Amitya Kumara), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Gunawan & Sugiyanto, “Kondisi Keluarga Fakir Miskin”, Hasil penelitian dalam http://pfm.depsos.go.id. Diakses 4 Januari 2008
Miles,M.B & M., Huberman, (1991), Designing Qualitative Research, New York : Mac Graw Hill Company.
Naimah.,T & Suwarti, (2008), †Strategi Pengembangan Soft Skills untuk Anak Miskin dengan Pendekatan Institusional Base (Studi Kasus di SKB Kalibagor Banyumas)â€, Laporan Penelitian, tidak diterbitkan, LPPM Univ. Muhammadiyah Purwokerto.
____________________ ,( 2010), “Pengembangan Model Pemberdayaan Keluarga dengan Pendekatan Improvement dan Berbasis Masalah Psikososial Anak dari Keluarga Miskin di Purwokerto Selatan”. Laporan Penelitian tahun I, tidak diterbitkan, LPPM Univ. Muhammadiyah Purwokerto.
_____________ & Rahardjo, P., 2008, “ Pengaruh Komparasi Sosial pada Public Figure di Media Massa terhadap Pembentukan Body Image Remaja di Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas”, Jurnal Humanioral. 9 (2 )
Spitzer, D. R. (1996), “Motivation: The Neglected Factor in Instructional
Designâ€, dalam Educational Technology, May-June
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)