Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Questions terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10145Keywords:
Learning Start With A Questions, terhadap Kepercayaan Diri SiswaAbstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya kepercayan diri siswa sekolah dasar kelas IV SD Negeri Rawa Buntu 01 yang rasa percaya diri masih kurang saat kegiatan belajar mengajar dikelas. Model pembelajaran yang guru gunakan masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang dimana siswa tidak ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti memberikan inovasi dalam menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Questions pada kepercayaan diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Learning Start With A Questions dapat berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa di kelas IV SDN Rawa Buntu 01. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan menerapkan true eksperimen pada desain penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Start With A Questions terhadap kepercayaan diri siswa di kelas IV SDN Rawa Buntu 01 hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan perhitungan t hitung sebesar -10.521 dengan P-value sebesar 0,000. Dapat dilihat bahwa P-value = 0.000 < 0,05, maka terdapat pengaruh signifikan antara variabel X dan variabel Y. penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepala sekolah, guru, siswa serta peneliti selanjutnya.
References
Anita Lie, 2003. 101 Cara menumbuhkan percaya diri anak, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Dheni Nur Haryadi & Sri Nurhayati, 2015. Penerapan Model Learning Start With a Question Berpendekatan Icare pada Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2, hlm 1528.
Dimyati dan Mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Elza Firanda & Ani Widayanti, 2012. Model Active Learning dengan Teknik Learning Start with a Question dalam Peningkatan Keaktifan Peseta Didik pada Pembelajaran Akuntasi Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, Vol x, hlm 9, Tidak Diterbitkan.
Hakim T, 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Purwa Swara.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaraan Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Kusumawardani, Siska. (2017). Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Ilmiah PGSD, I(I).
Thursan Hakim, 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.