Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10187Keywords:
Kreativitas, Media PosterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap kreativitas dan inovasi siswa pada pelajaran IPA di SD Cendrawasih III Pondok aren, Kota Tanggerang Selatan, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, dan menggambil sampel pada dua kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pada kelas eksperimen. pertemuan ini dilakukan setiap minggu 2 kali, dikarenakan dimasa pendemi covid 19 ini sekolah dengan metode tatap muka di nonaktifkan dan sebagai gantinya dengan menggunakan via online seperti via zoom. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik penggumpullan data berupa angket (pretest-posttest). Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji validitas ahli(expart) dan menghasilkan 40 soal pretest dan posttest, selanjutnya soal diujikan kepada siswa untuk mengetahui apakah instrument valid atau tidaknya, uji validitas dilaksanakan di kelas IVA SD Cendrawasih III Pondok Aren kota Tangerang Selatan dengan jumlah 20 siswa.Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan poster diperoleh data lebih baik dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen pretest 77,9 dan postets 78,3 dibandingkan kelas kontrol yang belajar tanpa media poster yaitu nilai pretest 69,3 dan posttest 70,4.Perbedaan rata-rata hasil kreativitas tersebut membuktikan bahwa pembelajaran IPA, dilihat dari meningkatnya kreativitas pembelajaran IPA di kelas IVA (ekspperimen) sebelum diberikan perlakuan (media poster) dan dapa hasil kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil dari kelas kontrol yang tidak diberikan perlakukan.
References
Al-khalili, Amal Abdussalam. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kausar
Arsyad ,Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Asyhar, Rayandra.2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.
Aunurrahman, (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Damayanti, Deni. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Disekolah. Yogjakarta: Araska
Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar &Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta (halaman 18,22).
Kurniawan, Heru. (2017). Sekolah Kreatif. AR-RUZZ MEDIA
Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Aldabeta
Maiyena, Sri. (2016). Pengembangan Media poster Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Materi Global Warming. JMPF 3 (1):18.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: RemajaRosdakarya
Munadi, Yudhi. (2008). Media PembelajaranSebuahPendekatanBaru. Jakarta: Gaungpersada press.
OECD. (2016). Innovation Education and Educating for Innovation. Paris
Prastowo, Andi.(2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana
Sugiono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujana, Nana dan Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia group.
Kusumawardani, siska. (2017). Meningkatkan pemahaman Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Ilmiah PGSD, 1 (1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.