Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA

Atika Dwi Evitasari, Mariam Sri Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Control Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Brosot berjumlah 58 peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test), dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media diorama terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal tersebut diketahui dengan perolehan thitung sebesar 16.969 dan ttabel yaitu 1,672 dengan dk = n1 + N2 – 2.

Keywords


Media; Diorama; Keaktifan Belajar; IPA

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Karo, K, I, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII (1), 91-96. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.

Karwati, E. & Priansa, J. D. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: GP Press.

Rahmat, A. & Arifin, I., N. (2015). Pengembangan Structure Exercise Methode (SEM) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Islah Kota Gorontalo. NIZHAM. 4 (2), 349-367. https://media.neliti.com/media/publications/155074-ID-none.pdf.

Santyasa, I.,W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/194704171973032-MULIATI_PURWASASMITA/MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf

Silberman, M., L. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY. 4 (1), 38-54. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1969

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Utami, S., Subaryana, & Fatimah, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 4 (2), 349-359. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/45460.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). 1 (2), 128-139. https://journal.uny.ac.id/index.php/%20elinvo/article/viewFile/10621/8996.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660