Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013Keywords:
Media, Diorama, Keaktifan Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Control Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Brosot berjumlah 58 peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test), dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media diorama terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal tersebut diketahui dengan perolehan thitung sebesar 16.969 dan ttabel yaitu 1,672 dengan dk = n1 + N2 – 2.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Karo, K, I, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII (1), 91-96. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.
Karwati, E. & Priansa, J. D. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: GP Press.
Rahmat, A. & Arifin, I., N. (2015). Pengembangan Structure Exercise Methode (SEM) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Islah Kota Gorontalo. NIZHAM. 4 (2), 349-367. https://media.neliti.com/media/publications/155074-ID-none.pdf.
Santyasa, I.,W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/194704171973032-MULIATI_PURWASASMITA/MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf
Silberman, M., L. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.
Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY. 4 (1), 38-54. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1969
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Utami, S., Subaryana, & Fatimah, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 4 (2), 349-359. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/45460.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). 1 (2), 128-139. https://journal.uny.ac.id/index.php/%20elinvo/article/viewFile/10621/8996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.