Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD N Karangrena 4 Kabupaten Cilacap

Authors

  • Via Dwi Pramudita Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Yuliansyah Bintaro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11014

Keywords:

Peran guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pada pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Karangrena 4 kabupaten Cilacap. Penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kulaitatif. Pratisipasi dalam penelitian ini yaitu Guru kelas IV dan Siswa kelas IV. Keabsahan data menggunakan tringulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian triangulasi yang dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.. Hasil penelitian menunujukan bahwa peran guru di SD Negeri Karangrena 4 sudah melaksanakan perannya yaitu dalam meningkatkan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas IV dengan baik sehingga sebagian besar siswa mempunyai motivasi yang tinggi. Pelaksanaan pemberian motivasi belajar sendiri dilakukan dengan bekerjasama dengan orang tua siswa dengan memberikan motivasi berupa dorongan semangat dalam belajar. Meskipun pada saat pemberian motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh tidak lepas dari beberapa faktor pendorong maupun penghambat pada pembeajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa.

References

Amani. 2018. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam motivasi belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 15, (1), 20-34.

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Djamarah. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222.

Ningrum M, dkk. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling Sebagai Motivasi Prestasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PSYCH. 13, (2), 98-107.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Uno H. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi . Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273

Downloads

Published

2022-03-25