Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD N Karangrena 4 Kabupaten Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11014Keywords:
Peran guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pada pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Karangrena 4 kabupaten Cilacap. Penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kulaitatif. Pratisipasi dalam penelitian ini yaitu Guru kelas IV dan Siswa kelas IV. Keabsahan data menggunakan tringulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian triangulasi yang dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.. Hasil penelitian menunujukan bahwa peran guru di SD Negeri Karangrena 4 sudah melaksanakan perannya yaitu dalam meningkatkan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas IV dengan baik sehingga sebagian besar siswa mempunyai motivasi yang tinggi. Pelaksanaan pemberian motivasi belajar sendiri dilakukan dengan bekerjasama dengan orang tua siswa dengan memberikan motivasi berupa dorongan semangat dalam belajar. Meskipun pada saat pemberian motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh tidak lepas dari beberapa faktor pendorong maupun penghambat pada pembeajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa.
References
Amani. 2018. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam motivasi belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 15, (1), 20-34.
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136
Djamarah. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222.
Ningrum M, dkk. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling Sebagai Motivasi Prestasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PSYCH. 13, (2), 98-107.
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Uno H. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi . Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.