Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Melalui Model Snowball Throwing Kelas V SDN 2 Winong
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.11025Keywords:
Hasil Belajar, Keaktifan, Model Snowball ThrowingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dengan menggunakan model snowball throwing pada materi organ pernapasan dan fungsinya pada manusia dan hewan serta cara memlihara kesehatan organ pernapasan pada manusia kelas V SDN 2 Winong. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Winong, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo dengan jumlah 10 peserta didik, tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap sikus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan bahwa keaktifan siswa masih dalam kategori siswa kurang aktif dengan nilai rata-rata kelas siklus I yaitu 62 belum memenuhi indikator siswa aktif dan presentase siswa cukup aktif yaitu 50% dan hasil belajar siswa rata-rata nilainya pada siklus I yaitu 71,4 kategori belum tuntas, dan belum memenuhi indikator keberhasilan dengan minimal rata-rata hasil belajar siswa kategori tuntas dan masih ada 40% siswa yang nilainya belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan meningkat pada siklus II menjadi 88,25 kataegori siswa aktif dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 93,75 dengan kategori tuntas 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa SDN 2 Winong pada materi Organ Pernapasan Dan Fungsinya Pada Hewan Dan Manusia Serta Cara Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Pada Manusia
References
Arikunto.,(2017). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Rieneka Cipta
Depdikud.,(2001). Kamus Besar Bahasa Indonesa.Jakarta: Balai Pustaka
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Proses pembelajaran pada suatu pendidikanHisbullah.,(2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal CJPE Vol 2 No. 2. Diunduh dari
Permendikbud.,(2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 65 Th. 2013. Tentang Proses Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Permendikbud.,(2013). PERMENDIKBUD No. 103 Th. 2013 Tentang Pembelajaran Pada Pedidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud.,(2013). PERMENDIKBUD No. 65 Th. 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Saputro, Hengkang Bara.,. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia Vo. 3 No.1 (2015), Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/ pada tanggal 25 februari 2020 jam 23:50
Sinar.,(2018). Metode Active Learning.Yogyakarta: Budi Utama
UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen. diterbitkan oleh: Kementerian Sekretariat Negara
Wibowo, Nugroho., Upaya peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajarn Berdasarkan Gaya Belajar Si SMK Negeri 1 Saptosari. SMK N 1 Saptosari : Gunung Kidul. Jurnal Electronics, informatics, and vocational education (ELINVO), (2016) 128-139. Diunduh dari Jurnal https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10621 pada tanggal 7 februari 2020 jam 23:41
Widoyoko, Eko Putro., (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.