Penanaman Karakter Religius Bagi Siswa Menggunakan Pengiriman Video Ceramah di Aplikasi Whatsapp
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11331Keywords:
Penerapan Vidio Ceramah, Karakter Religius, Aplikasi WhatshappAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari pengiriman vidio ceramah dalam rangka menerapkan karakter religius kepada siswa SD Campursari pada masa pandemi. Keunggulan dari pengiriman vidio ceramah ini dapat meminimalisir waktu dalam menerapkan karakter religius di masa pandemi dan sangat cocok pada masa sekarang. Dengan vidio ceramah ini, karakter religius siswa berupa beribadah sholat 5 waktu, mengaji, hafalan doa, perilaku, sikap dan yang lain akan meningkat.
References
Abu, Ahmadi. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia : Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhaslan Belajar dan Kemajuan Bangsa.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Callistasia Wijaya, (2019). Dugaan Jual Beli Jabatan Hingga Korupsi Qur’an Dan Dana Haji, Ada Apa Dengan Kementerian Agama. BBC News Indonesia.
H.B. Sutopo. (2002). Pengantar Penelitian Kualitatif. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1), 65-79.
Kesuma, Dharma dkk , (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19). Diakses 28 Maret 2021, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri%20Nomor%204%20Tahun%202020%20cap.pdf.
Ratna Djuwita, dkk. (2009). Interaksi sosial. Bandung : PT Refika Aditama.
Rachmawati, Tutik. (2019). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Program Studi Ilmu Administrasi Publik –Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik P arahyangan.
Siyoto, Sandu dan Ali Sidik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sukidin, B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif, perspektif mikro. Surabaya: Insane Cendikia.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.