Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills)

Authors

  • Harnanik Setyorini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurratri Kurnia Sari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Tri Sutrisno Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11357

Keywords:

Model Pembelajaran, SOLE (Self Organized Learning Environments), Student Achievement

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) terhadap prestasi belajar HOTS (Higher Order Thinking Skills) kelas 5 Sekolah Dasar Sekelurahan Jatisrono. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperimental). Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 3 Jatisrono dari keseluruhan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Sekelurahan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran SOLE sedangkan variabel terikat nya adalah prestasi belajar. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Uji Instrumen penelitian ini adalah uji validitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan realibilitas. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu uji pendahuluan, uji prasyarat data, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajran SOLE terhadap prestasi belajar HOTS siswa kelas 5 Sekolah   Dasar   Sekelurahan   Jatisrono   Kabupaten   Wonogiri   Tahun   Pelajaran 2020/2021. Dasar pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis menggunakan uji T Independen, apabila thitung lebih besar daripada t tabel, maka h0 ditolak dan ha diterima. Dasar penelitian ttabel pada penelitian ini adalah pada jumlah sampel  ( N ) yakni 33 siswa, maka drajat bebas (df) = N – 2  = 33 – 2 = 31, MAKA TTabel dengan df 31 dan taraf signifikan 5%  adalah 2,03951, sedangkan nilai thitung  5,450. Sehingga thitung lebih besar daripada ttabel yang menunjukkan bahwa h0 ditolak dan ha diterima. Model pembelajaran SOLE melatih siswa belajar mandiri serta berpikir kritis sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari nilai rata – rata kelas kontrol 55,71 terjadi peningkatan pada kelas eksperimen dengan nilai rata – rata 82,11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) terhadap prestasi belajar HOTS (Higher Order Thinking Skills).

References

Ari Syahidul Shidiq.1 , Mohammad Masykuri2 , dan Elfi Susanti V. H. 2015. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi”. ISSN: 2407-4659. Hal 1.

Chaterine, R. N. (2020, March 18). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas. Detik News. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-944071/siswabelajar-dari-rumah-pai-anak-anak-stres-dikasihbanyak-tugas

Giani, Zulkardi, dan C. H. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal- Soal Buku Teks Matematika Kelas Vii Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–20.

Kemendikbud RI. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Pedoman Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kemendikbud RI.

Khairunnisa, D.E. (2017). Pengaruh Model PmbelajaranConceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa SMA. Skripsi. UNPAS Bandung.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134–140.

Mitra, S., Dolan, P., Leat, D., Smith, L. M., Todd, L., & Wall, K. 2013. “Self Organised Learning Environments (SOLEs) in an English School:an example of transformative pedagogy?”. Educational Research Journal.

Pustekkom, Pedoman Pemilihan Duta Rumah Belajar 2018. Sumber: http://simpatik.belajar.kemdik bu d.go.id/uploads/PedomanPemilihan-Duta-Rumah- Belajar2018.pdf diakses 12 Maret 2019.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. 31(1), 1–12.

Syamsuddin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-25