Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Olahraga

Muhammad Maskur Musa, Musripah Musripah, Aan Fadia Annur

Abstract


Indonesia merupakan bangsa yang memiliki karakter yang mulia dan bermartabat, hal ini ditunjukan dengan perilaku dan perbuatan yang berpedoman dengan agama yang sesuai keyakinan masing-masing. Sehingga warga negara Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai luhur bangsa yang tercantum dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan mengenai membentuk karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan olahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik survey literatur. Teknik pengumpulan data bersumber dari jurnal, buku-buku dan artikel ilmiah yang lainya. Hasil dari pengkajian berbagai literatur menunjukan bahwa karakter harus dimiliki oleh peserta didik sebagai generasi muda bangsa Indonesia, karena karakter merupakan ciri khas atau identitas suatu bangsa, dan ketika generasi muda kurang berkarakter maka bangsa tersebut kehilangan harkat dan martabatnya serta diremehkan oleh bangsa lain. Pendidikan karakter yang diajarkan di sekolah sebagai wadah terbaik untuk mengajarkan dan mengembangkan karakter diperlukan untuk membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter membutuhkan media berupa pendidikan olahraga. Dalam pendidikan olahraga terdapat karakter yang dibentuk antara lain kejujuran, tanggung jawab, rasa hormat, fair play, kerja keras, persahabatan, kerjasama tim, dan pantang menyerah. Oleh karena itu, pendidikan olahraga sangat penting dalam mata pelajaran selain untuk menjaga kebugaran siswa, pendidikan olahraga bisa membentuk karakter yang berguna bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Pembentukan Karakter, Siswa Sekolah Dasar, Pendidikan Olahraga

References


Basuki, S. (2016). Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM, 2(1), 65–70.

Darma Sitepu, I. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Partisipasi Dalam Olahraga. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(02), 99–112.

Dhedhy, Y. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112.

Eka Setiawati, A.Saeful Bahri, D. (2020). Pendidikan Karakter. In Widina Bhakti Persada. Widina Bhakti Persada.

Ginting, A. (2014). Karakter dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 1–8.

Gunadi, D. (2019). Peran Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Karakter. Ilmiah SPIRIT, 18(3), 1–11.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183–197. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Lisnawati, L. (2021). Urgensi pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01). https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.152

M. E. Winarno. (2018). Membangun Karakter Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Di, 12(05), 10–20.

Mirhan, J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 86–96. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93.

Rohmansyah, N. A. (2017). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga Sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Junal Penjakora, 4(1), 38–50.

Triansyah, A., Moh Kusuma Atmaja, N., Abdurrochim, M., & Bafadal, F. (2020). Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 145–155.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.13272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660