Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Anggoro Dwi Putra Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dhi Bramasta Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.13330

Keywords:

Analisis Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran daring dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas III SD Negeri 8 Kranji Purwokerto Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, orang tua siswa dan peserta didik kelas III SD Negeri 8 Kranji Purwokerto Timur. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dalam penyampaian materi pembelajaran menjadi lebih rapi, sistematis, terstruktur dan meningkatkan kemandirian serta tanggungjawab peserta didik. Kendala pembelajaran daring yaitu tidak semua siswa memiliki antusias, serta tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran karena siswa belum mempunyai gadget sendiri.

References

Mujiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 2(1), 28-37.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhery, T dkk. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(3). 1-13.

Suid. (2017) Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III Sd Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar: Vol.1

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Syaiful, B & Aswan, Z. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta 1(1), 12-18.

Winarno, W., & Setiawan, J. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling). Ultima InfoSys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 4(1), 45-51.

Downloads

Published

2021-09-26