Upaya Meningkatkan Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang Tahun 2018 / 2019

Authors

  • Rahyanti Yudiati Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.13454

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran TGT

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar melalui TGT (Teams Games Tournaments)    akan mampu memberikan gairah belajar pada siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial  dengan diterapkannya metode pembelajaran TGT  (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran TGT  terhadap motivasi belajar  Ilmu Pengetahuan Sosiaal?Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial    setelah diterapkannya pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments)  (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial)  setelah diterapkannya pembelajaran TGT   (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak satu  putaran  yang  terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang   tahun pelajaran 2018 / 2019  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 28  % setelah pembelajaran metode TGT  meningkat ketuntasan 92  % , maka meningkat 64 %.Simpulan dari penelitian ini adalah metode TGT  dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah negeri sumbang  Tahun 2018 /2019.

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon .

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secaraa Manusiawi. Jakarata: Rineksa Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2001.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.

Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. psikologi belajar. Rineksa Putra.

Felder, Richad M. 1994. Cooperative Learning In The Technical Corse, (online), (PclldMy% DocumentCoop % 20 Report.

Hadi, Sutrisno. 1982. metodologi research, jilid I.yogayakarta: yp. Fak. Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hasibuan, JJ. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universiats Press.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur,Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya. University Press.

Universitas Negeri Srabaya.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Negeri.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rustiyah, N.K.1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto. Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Soetomo, 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surakhamad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-25