Upaya Meningkatkan Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang Tahun 2018 / 2019
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.13454Keywords:
Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran TGTAbstract
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar melalui TGT (Teams Games Tournaments)    akan mampu memberikan gairah belajar pada siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial  dengan diterapkannya metode pembelajaran TGT  (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran TGT  terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosiaal?Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial   setelah diterapkannya pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments)  (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial) setelah diterapkannya pembelajaran TGT  (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak satu putaran yang terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang   tahun pelajaran 2018 / 2019 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 28  % setelah pembelajaran metode TGT  meningkat ketuntasan 92  % , maka meningkat 64 %.Simpulan dari penelitian ini adalah metode TGT  dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah negeri sumbang Tahun 2018 /2019.
References
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon .
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secaraa Manusiawi. Jakarata: Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2001.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.
Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. psikologi belajar. Rineksa Putra.
Felder, Richad M. 1994. Cooperative Learning In The Technical Corse, (online), (PclldMy% DocumentCoop % 20 Report.
Hadi, Sutrisno. 1982. metodologi research, jilid I.yogayakarta: yp. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hasibuan, JJ. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universiats Press.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur,Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya. University Press.
Universitas Negeri Srabaya.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Negeri.
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rustiyah, N.K.1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto. Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo, 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhamad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.