Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Pembelajaran Autentik Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kompetensi sosial guru dalam pembelajaran autentik berlandaskan profil pelajar Pancasila yang sesuai dengan tuntutan nasional untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Peneliti melakukan penelitian di SD 20 ranah batahan teknik penelitian ini melalui observasi,wawancara dan dokumentasi Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara bagaiamana peran kompetensi sosial guru dalam pembelajaran autentik berlandaskan profil pelajar pancasila, dan peneliti mengamati peran komepetensi sosial guru dalam pembelajaran autentik berlandaskan profil pelajar pancasila di SD 20 ranah batahan. Peneliti mengumpulkan data melalui mengobservasi guru dan pserta didik dalam pembelajaran terlihat guru melakukan penanaman nilai agama dan pancasila di dalam pembelajaran seperti membaca doa sebelum dan sesudah belajar, selalu melakukan diskusi, menghargai keberagaman, melaksanakan piket kebersihan, sikap kritis dan kreativitas dan melakukan kerja kelompok untuk membuat produk akhir pembelajaran. Kesimpulannya peran kompetensi sosial guru dalam pembelajaran terlihat dari penanaman nilai-nilai agama dan pancasila dalam pembelajaran sehingga mempersiapkan peserta didik menjawab tantangan nasional saat ini.
Keywords
References
Arikunto, suharsimi 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, sudarwan. 2011. Pengembangan profesi guru. Jakarta : prenada media
Daniel zuhron. 2021. Tunas pancasila. (vol.1) Direktorat Sekolah Dasar
Janawi. 2011. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majir. A . 2020. Paradigma baru manajemen pendidikan abad 21. Deepublish
Maharani, LA, Furnamasari. YF & Dewi. D.A. 2021. Menumbuhkan pengetahuan mengenai nilai-nilai pancasila di sekolah dasar. Jurnal pendidikan tembusai. 5 (3) 9387-9389.
Mansur. M. 2020. Membangun karakter siswa melalui kearifan local (suatu tinjauan di Halmahera barat ) jurnal pusat studi sejarah arkeologi dan kebudayaan. (pusaka) 1. (1)
Nurasiah, lis. 2022. Projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal basicedu. (vol.6) no.3 tahun 2022 halaman 3639-3648
Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. ke-12. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.
Sarimada, farida. 2008. Sertifikasi guru. Bandung. Yrama widya
Setiadi. K. 2019. Pengaruh kearifan local dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku peserta didik. Jurnal ilmiah aljauhari. Jurnal studi islam interdisipliner. 4 (1), 126-151
Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.13642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter