Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Pembelajaran Autentik Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

Rahmad Illahi, Andi Prastowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kompetensi sosial guru dalam pembelajaran autentik berlandaskan profil pelajar Pancasila yang sesuai dengan tuntutan nasional untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Peneliti melakukan penelitian di SD 20 ranah batahan teknik penelitian ini melalui observasi,wawancara dan dokumentasi  Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara bagaiamana peran kompetensi sosial guru dalam pembelajaran autentik berlandaskan profil pelajar pancasila, dan peneliti mengamati peran komepetensi sosial guru dalam pembelajaran autentik berlandaskan profil pelajar pancasila di SD 20 ranah batahan. Peneliti mengumpulkan data melalui mengobservasi guru dan pserta didik dalam pembelajaran terlihat guru melakukan penanaman nilai agama dan pancasila di dalam pembelajaran seperti membaca doa sebelum dan sesudah belajar, selalu melakukan diskusi, menghargai keberagaman, melaksanakan piket kebersihan, sikap kritis dan kreativitas dan melakukan kerja kelompok untuk membuat produk akhir pembelajaran. Kesimpulannya peran kompetensi sosial guru dalam pembelajaran terlihat dari penanaman nilai-nilai agama dan pancasila dalam pembelajaran sehingga mempersiapkan peserta didik menjawab tantangan nasional saat ini.


Keywords


Kompetensi Sosial; Pembelajaran Autentik; Profil Pelajar Pancasila; Sekolah Dasar

References


Arikunto, suharsimi 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, sudarwan. 2011. Pengembangan profesi guru. Jakarta : prenada media

Daniel zuhron. 2021. Tunas pancasila. (vol.1) Direktorat Sekolah Dasar

Janawi. 2011. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majir. A . 2020. Paradigma baru manajemen pendidikan abad 21. Deepublish

Maharani, LA, Furnamasari. YF & Dewi. D.A. 2021. Menumbuhkan pengetahuan mengenai nilai-nilai pancasila di sekolah dasar. Jurnal pendidikan tembusai. 5 (3) 9387-9389.

Mansur. M. 2020. Membangun karakter siswa melalui kearifan local (suatu tinjauan di Halmahera barat ) jurnal pusat studi sejarah arkeologi dan kebudayaan. (pusaka) 1. (1)

Nurasiah, lis. 2022. Projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal basicedu. (vol.6) no.3 tahun 2022 halaman 3639-3648

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. ke-12. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Sarimada, farida. 2008. Sertifikasi guru. Bandung. Yrama widya

Setiadi. K. 2019. Pengaruh kearifan local dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku peserta didik. Jurnal ilmiah aljauhari. Jurnal studi islam interdisipliner. 4 (1), 126-151

Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.13642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660